Logo Bloomberg Technoz

Pertemuan Politbiro China Ditunda, Investor Was-was Soal Ekonomi

News
01 February 2024 11:40

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Presiden Xi Jinping menunda penetapan tanggal pertemuan yang sebelumnya sudah tertunda untuk memetakan rencana ekonomi jangka panjang China. Langkah ini kemungkinan akan mengecewakan investor yang sudah muram.

Menurut Kantor Berita Xinhua, Politbiro Partai Komunis yang beranggotakan 24 orang berjanji untuk memperketat kontrol dan disiplin politik pada pertemuan bulanan mereka pada Rabu (31/1). Laporan dari pertemuan tersebut tidak menyebutkan sidang pleno ketiga, yang biasanya berfokus pada masalah ekonomi.

Sebaliknya, para pemimpin teratas menegaskan kembali janji mereka untuk fokus pada "pembangunan berkualitas tinggi," sebuah slogan yang mengacu pada dorongan Xi untuk mempromosikan industri teknologi tinggi dan ramah lingkungan. Para pembuat kebijakan juga menegaskan kembali tujuan mereka untuk memastikan China mencapai perbaikan kualitatif yang "efektif" dan pertumbuhan kuantitatif yang "masuk akal".

Masalah ekonomi biasanya tidak menjadi fokus pertemuan Politburo pada Januari, karena pertemuan pada April, Juli, dan Desember biasanya dikhususkan untuk topik tersebut. Namun, kejatuhan pasar saham baru-baru ini, dikombinasikan dengan krisis properti yang berkepanjangan, telah membuat investor putus asa akan sinyal dari tim Xi tentang potensi langkah-langkah dukungan.