Logo Bloomberg Technoz

Bukan dari Jepang, RI Malah Impor 3 KRL China Rp783 Miliar

Dovana Hasiana
31 January 2024 19:40

Sebuah kereta KRL tiba di Stasiun Cawang, Jakarta Selatan, Senin (15/8/2022). (Muhammad Fadli/Bloomberg)
Sebuah kereta KRL tiba di Stasiun Cawang, Jakarta Selatan, Senin (15/8/2022). (Muhammad Fadli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - KAI Commuter mengimpor tiga rangkaian Kereta Rel Listrik (KRL) baru kepada CRRC Sifang Co. Ltd asal China dengan nilai investasi Rp783 miliar. Hal ini diresmikan melalui penandatanganan Kontrak Kerja Sama Pengadaan Sarana KRL Baru antara kedua pihak pada 31 Januari 2024 di Beijing, China. 

Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto mengatakan pada kontrak pengadaan sarana KRL baru ini, KAI Commuter membeli 3 rangkaian KRL baru dengan tipe KCI-SFC120-V.  

“Pengadaan sarana KRL baru ini merupakan pemenuhan atas jumlah sarana KRL sesuai dengan kebutuhan pelayanan pengguna Commuter Line Jabodetabek tahun 2024 -2025 yang sudah mencapai hampir 1 juta pengguna per harinya,” ujar Asdo dalam siaran pers, Rabu (31/1/2024).

Pengadaan sarana KRL baru ini juga merupakan bagian dari rangkaian pemenuhan sarana KRL Jabodetabek yang dibahas dalam Rapat Koordinasi yang dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan pada Juni 2023 lalu. Pertemuan juga dihadiri oleh Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, BPKP, PT INKA, dan para pemangku kepentingan lain.

Dalam pemenuhan pengadaan sarana KRL ini, KAI Commuter sudah melakukan penandatanganan kerjasama pengadaan sarana KRL antara lain: