Logo Bloomberg Technoz

Pertumbuhan Ekonomi Filipina Tercepat di Asia Tenggara

News
31 January 2024 15:00

Ilustrasi Bendera Filipina (Sumber: SeongJoon Cho/Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Filipina (Sumber: SeongJoon Cho/Bloomberg)

Ditas Lopez dan Cliff Venzon - Bloomberg News

Bloomberg, Filipina melampaui Vietnam dan Malaysia untuk menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia Tenggara tahun lalu. Ekspansi didorong oleh konsumsi, layanan, dan investasi.

Produk domestik bruto (PDB) Filipina tumbuh 5,6%, melampaui median pertumbuhan 5,5% yang terlihat dalam survei ekonom Bloomberg. Perekonomian tumbuh pada kecepatan serupa dibandingkan tahun lalu pada kuartal terakhir tahun ini, sementara secara kuartal-ke-kuartal, tumbuh 2,1%.

Sektor saham memperpanjang kenaikan mereka hingga lebih dari 1% setelah data tersebut. Peso menahan kerugiannya, dengan mata uang tersebut turun 0,1% terhadap dolar.

Grafik pertumbuhan ekonomi Filipina. (Sumber: Bloomberg)

Meskipun laju pertumbuhan tahunan lebih lambat dari target pemerintah sebesar 6%-7%, Filipina menjadi yang tercepat di Asia Tenggara sejauh ini - melampaui kinerja Vietnam sebesar 5,05%. Ekonomi Malaysia, yang mencatat pertumbuhan tercepat Asia Tenggara pada tahun 2022 sebesar 8,7%, kemungkinan melambat menjadi 3,8% pada tahun 2023. Indonesia dan Thailand akan melaporkan data ekonomi bulan depan.