Logo Bloomberg Technoz

Saham Eropa Sentuh Level Tertinggi Baru dalam Dua Tahun

News
30 January 2024 06:50

Ilustrasi Bursa Saham Eropa (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Bursa Saham Eropa (Sumber: Bloomberg)

Julien Ponthus - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham Eropa naik tipis pada Senin, setelah menyentuh level tertinggi baru dalam dua tahun terakhir, karena musim laporan keuangan dan investor menunggu pertemuan kebijakan Federal Reserve di akhir pekan ini.

Indeks Stoxx 600 Index naik 0,2% pada penutupan di London. Keuntungan dibatasi oleh kegelisahan atas kemungkinan respons AS terhadap serangan yang menewaskan pasukan Amerika di Yordania dan menghantam kapal tanker bahan bakar di Laut Merah.

Euro Stock. (Dok: Bloomberg)

Saham-saham perusahaan minyak Eropa seperti Shell Plc, TotalEnergies SE, dan BP Plc naik karena risiko geopolitik di Timur Tengah mendukung harga minyak mentah Brent di atas $82 per barel. Sektor telekomunikasi turun.

Saham Holcim Ltd melonjak setelah perusahaan bahan bangunan asal Swiss ini mengumumkan bahwa mereka berniat untuk memisahkan operasinya di Amerika Utara menjadi entitas yang terdaftar di AS. Dalam pergerakan penting lainnya, Royal Philips NV turun setelah perusahaan Belanda ini mengatakan bahwa mereka menangguhkan penjualan alat bantu apnea tidur dan ventilator di AS, sementara Ryanair Holdings Plc mengakhiri hari dengan kenaikan 4% setelah turun pada perdagangan sebelumnya.