Logo Bloomberg Technoz

Inggris Mulai Rancang Mata Uang Pound Versi Digital

News
25 January 2024 21:20

Uang pound sterling (Hollie Adams/Bloomberg)
Uang pound sterling (Hollie Adams/Bloomberg)

Tom Rees, Philip Aldrick dan Emily Nicolle - Bloomberg News

Bloomberg, Inggris akan meningkatkan upaya untuk merancang versi digital dari pound karena para pejabat berusaha untuk meredam kekhawatiran privasi di kalangan masyarakat dan mengatasi kritik dari bank.

Departemen Keuangan dan Bank of England mengatakan studi lebih lanjut tentang Central Bank Digital Currency atau CBDC diperlukan sebelum keputusan akhir dapat dibuat tentang apakah akan meluncurkan yang dijuluki "Britcoin."

Di bawah peta jalan mereka untuk pound digital, keputusan apakah akan membangunnya diharapkan akan dibuat pada tahun 2025 hingga 2026 dan perlu mendapatkan persetujuan dari Parlemen. Dikatakan bahwa pound digital mungkin diperlukan untuk mengikuti inovasi dalam pembayaran dan menyediakan bentuk uang yang dikeluarkan oleh negara yang bekerja secara online.

Langkah ini menunjukkan bahwa pihak berwenang Inggris ingin mempertahankan kontrol pemerintah atas cara penggunaan uang karena konsumen mulai meninggalkan penggunaan uang tunai dalam transaksi sehari-hari, dan lebih memilih pembayaran berbasis kartu dan pembayaran mobile.

Cash. (Dok: Bloomberg)