Logo Bloomberg Technoz

Apa yang dikatakan oleh Bloomberg Economics...

"Fokus setelah pertemuan ECB berikutnya adalah kata-kata Gubernur Christine Lagarde terkait penurunan suku bunga dalam konferensi pers. Bloomberg Economics memperkirakan bahwa ia akan meningkatkan upaya-upaya baru-baru ini untuk menekan harga di pasar keuangan yang menunjukkan ekspektasi bahwa penurunan suku bunga akan terjadi pada April."

-David Powell, ekonom senior kawasan euro.

Lagarde akan berbicara pada pukul 14:45 WIB di Frankfurt, 30 menit setelah pengumuman kebijakan ECB.

Suku Bunga

Juni akan menjadi yang pertama dari empat pemangkasan 25 basis poin pada tahun 2024--membawa suku bunga deposito ke 3%--menurut survei Bloomberg yang terpisah. Namun, perkiraannya sangat beragam, menggarisbawahi ketidakpastian yang menyelimuti prospek tersebut.

Edgar Walk, kepala ekonom di Metzler Asset Management, mengantisipasi pelonggaran 200 basis poin pada tahun 2024, dimulai pada April. Rekannya di Allianz, Ludovic Subran, memperkirakan hanya dua langkah seperempat poin, dengan para pembuat kebijakan yang dikritik karena meremehkan lonjakan awal harga berhati-hati untuk menyatakan kemenangan sebelum waktunya.

"ECB akan sangat enggan untuk menurunkan suku bunga terlalu dini dan terlalu cepat untuk menghindari digigit dua kali oleh inflasi," kata Subran.

Meskipun pasar telah mengurangi ekspektasi mereka untuk penurunan agresif dalam biaya pinjaman, mereka terus memperkirakan pergerakan 133 basis poin tahun ini.

Beberapa pejabat ECB pada pertemuan kebijakan Desember mengungkapkan kekhawatiran bahwa harga dovish investor "mengancam untuk melonggarkan kondisi keuangan secara berlebihan, yang dapat menggagalkan proses disinflasi," menurut sebuah laporan yang diterbitkan kemudian.

Gubernur bank sentral Belanda Klaas Knot menggemakan sentimen-sentimen tersebut minggu lalu, memperingatkan bahwa taruhan yang berlebihan pada penurunan suku bunga sebenarnya dapat menahan pelonggaran moneter.

Latar Belakang Ekonomi

Data-data terbaru telah beragam. Survei manajer pembelian untuk Januari mengisyaratkan bahwa kemungkinan resesi di kawasan euro yang beranggotakan 20 negara pada paruh kedua tahun 2023 dapat berlanjut hingga kuartal pertama tahun ini.

Namun, pasar tenaga kerja tetap kuat. Tingkat pengangguran secara tak terduga turun menjadi 6,4% pada November--menyamai rekor terendah pada Juni, tetapi tidak melakukan apa pun untuk meredakan kekhawatiran tentang efek putaran kedua.

Risks to ECB's December Projections (Dok: Bloomberg)

Prospek ECB pada Desember memperkirakan produk domestik bruto naik 0,6% pada tahun 2023, 0,8% pada tahun 2024 dan 1,5% pada tahun 2025--pandangan yang lebih optimis daripada konsensus. Pada pertengahan Januari, Wakil Presiden Luis de Guindos menggambarkan perkembangan pertumbuhan sebagai "mengecewakan."

Sementara itu, inflasi melonjak menjadi 2,9% dari tahun sebelumnya di Desember dari 2,4% di bulan sebelumnya. Kenaikan ini dianggap sementara, bagaimanapun, dengan ECB memperkirakan perlambatan lebih lanjut pada tahun 2024, meskipun tidak separah tahun 2023. ECB terus memperkirakan kembalinya ke target 2% pada tahun 2025.

Kerangka Kerja Operasional

Lagarde mungkin akan memberikan update mengenai tinjauan yang sedang berlangsung terhadap kerangka operasional, yang akan menentukan bagaimana ECB mengimplementasikan kebijakan moneter ke depannya. Jajak pendapat Bloomberg baru-baru ini menunjukkan bahwa para ekonom memperkirakan hasilnya pada April.

Mayoritas memprediksi preferensi untuk neraca yang lebih kecil dan penyediaan likuiditas yang didorong oleh permintaan, serta portofolio obligasi permanen dan persyaratan cadangan yang lebih tinggi.

Kritik dari Staf

Hanya tiga hari sebelum keputusan minggu ini, Lagarde dikritik habis-habisan oleh beberapa karyawannya sendiri dan mungkin akan ditanyai mengenai topik tersebut.

Dalam sebuah survei serikat pekerja yang menandai setengah jalan dari masa jabatannya selama delapan tahun, sebagian besar responden menilai kepemimpinannya "buruk" atau "sangat buruk". Lebih dari 53% juga mengatakan bahwa Lagarde saat ini bukanlah orang yang tepat untuk pekerjaan itu.

Serikat pekerja IPSO mengatakan bahwa hasil jajak pendapat ini jauh lebih buruk dibandingkan dengan hasil jajak pendapat untuk para pendahulunya, Mario Draghi dan Jean-Claude Trichet. Bank sentral menyebut jajak pendapat tersebut "cacat."

(bbn)

No more pages