Logo Bloomberg Technoz

ECB akan Tahan Bunga Acuan, Lagarde Kode Turun di Musim Panas

News
25 January 2024 15:40

Presiden ECB Christine Lagarde (Sumber: Bloomberg)
Presiden ECB Christine Lagarde (Sumber: Bloomberg)

Mark Schroers - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral Eropa (ECB) akan mempertahankan biaya pinjaman untuk pertemuan ketiga sembari meningkatkan upaya untuk meyakinkan investor bahwa penurunan suku bunga tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Suku bunga deposito akan dipertahankan pada 4%, menurut semua ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. Namun, berapa lama suku bunga ini akan bertahan di sana adalah topik yang terus memanas, dengan Gubernur Christine Lagarde yang bergabung dengan banyak koleganya untuk mengisyaratkan bahwa penurunan suku bunga pada musim panas "mungkin terjadi."

Para pejabat tampaknya akan menetapkan Juni sebagai waktu paling awal untuk pelonggaran moneter dimulai, dan sementara itu mencari kepastian bahwa inflasi akan kembali ke 2%. Namun, jadwal tersebut bertentangan dengan pasar, yang condong ke arah langkah awal pada April--bertaruh bahwa bos ECB hampir pasti akan menolak sekali lagi.

Memang, Kepala Ekonom Philip Lane mengatakan bahwa data "penting" tentang kesepakatan upah hanya akan tersedia untuk pertemuan Juni, dan bahwa mengalibrasi ulang suku bunga terlalu cepat dapat "merugikan diri sendiri." Mengutip hal-hal seperti gejolak pengiriman Laut Merah, Gubernur bank sentral Austria Robert Holzmann telah memperingatkan bahwa penurunan suku bunga tidak dapat diterima begitu saja tahun ini.