Logo Bloomberg Technoz

Manchester City Disalip Real Madrid di Posisi Puncak Klub Terkaya

News
25 January 2024 14:20

Pemain Real Madrid, Vini Jr. dan Jude Bellingham. (Sumber: Bloomberg)
Pemain Real Madrid, Vini Jr. dan Jude Bellingham. (Sumber: Bloomberg)

David Hellier - Bloomberg News

Bloomberg, Klub besar Premier League (Liga Inggris) tak lagi berada di puncak daftar klub berpendapatan tertinggi. Setelah tiga klub dari liga Eropa lain menggantikan posisi klub Inggris yang sedang tampil di bawah standar dalam peringkat tahunan.

Money League, yang disusun oleh Deloitte, menempatkan klub sepak bola berdasarkan pendapatannya namun tidak memperhitungkan laba rugi mereka. Eintracht Frankfurt, SCC Napoli, dan Olympique Marseille masuk ke dalam 20 besar dengan menggantikan posisi Leicester City, Leeds United yang terdegradasi musim lalu dan Everton FC.

Di puncak tabel, Real Madrid dari Spanyol menggantikan Manchester City dari posisi teratas, melaporkan pendapatan untuk satu musim sebesar €826 juta (Rp14 triliun), yang sebagian besar disebabkan oleh performa ritel yang kuat, peningkatan kunjungan ke stadion, dan pemulihan pendapatan sponsor setelah dilonggarkannya pembatasan COVID-19. Dua puluh klub teratas mencatat pendapatan sebesar €10,5 miliar (Rp180 triliun) selama musim 2022/23.

Daftar keuntungan klub sepak bola di Liga Eropa. (Sumber: Bloomberg)

Penurunan klub-klub Inggris dalam tabel liga Deloitte terjadi setelah periode pasca pandemi di mana kesepakatan pendapatan siaran yang kuat membantu menopang neraca keuangan.