Logo Bloomberg Technoz

Aktivitas Manufaktur AS Meningkat, Tertinggi dalam 7 Bulan

News
25 January 2024 08:06

Ilustrasi manufaktur. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi manufaktur. (Sumber: Bloomberg)

Vince Golle - Bloomberg News

Bloomberg, Aktivitas manufaktur di AS meningkat terkuat dalam tujuh bulan pada Januari. Kenaikan ini dipimpin oleh pertumbuhan pesanan yang lebih kuat yang membuat penyedia jasa dan produsen lebih yakin tentang prospek permintaan.

Indeks output komposit flash S&P Global naik menjadi 52,3, terutama dipicu oleh aktivitas jasa yang lebih kuat. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi. Perkiraan terhadap ekspektasi output yang dikeluarkan oleh kelompok ini di tahun mendatang naik ke level tertinggi sejak Mei 2022, didorong oleh permintaan domestik yang lebih kuat.

"Keyakinan juga didukung oleh harapan inflasi yang lebih rendah pada tahun 2024, mengurangi tekanan biaya hidup dan memfasilitasi penurunan suku bunga," kata Chris Williamson, kepala ekonom bisnis di S&P Global Market Intelligence, dalam sebuah pernyataan.

Dalam sinyal positif bagi pembuat kebijakan Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed), ukuran harga jual S&P Global mencatat pertumbuhan terlemah sejak Mei 2020, ditekan oleh penyedia jasa.

Aktivitas manufaktur AS. (Sumber: Bloomberg)