Logo Bloomberg Technoz

Harga Tembaga Melonjak, Didorong Kekhawatiran Kekurangan Pasokan

News
20 May 2024 11:30

Peleburan tembaga
Peleburan tembaga

Liezel Hill - Bloomberg News

Bloomberg, Harga tembaga melonjak ke rekor tertinggi, melanjutkan kenaikan selama berbulan-bulan yang didorong oleh investor keuangan yang telah masuk ke pasar karena mengantisipasi kekurangan pasokan.

Kontrak berjangka tembaga di London Metal Exchange (LME) melonjak 1,7% menjadi US$10.848 per ton, melampaui rekor sebelumnya yang ditetapkan pada Maret 2022.

Rekor dalam kontrak acuan London ini juga terjadi karena dunia tembaga global sedang diguncang oleh tekanan besar di pasar New York, di mana harga mencapai rekor tertinggi minggu lalu. Tekanan harga jangka pendek atau short squeeze mendorong harga di bursa Comex ke premi yang belum pernah terjadi sebelumnya dibandingkan LME, dan telah memicu perlombaan untuk mengalihkan pasokan logam ke AS.

Harga tembaga LME telah naik lebih dari seperempat sejak awal tahun ini, setelah pengetatan pasokan bijih secara tiba-tiba meningkatkan prospek bahwa pasar global mungkin menghadapi kekurangan yang telah lama dijanjikan, lebih awal dari perkiraan jika smelter merespons dengan mengurangi produksi logam olahan.