Logo Bloomberg Technoz

Starlink Gangguan Saat Peluncuran, Ini Penjelasan Menkominfo

Redaksi
19 May 2024 19:47

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi. (Bloomberg Technoz/Raden Nurhadi)
Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi. (Bloomberg Technoz/Raden Nurhadi)

Bloomberg Technoz, Denpasar - Internet Starlink diketahui mengalami gangguan saat diluncurkan langsung oleh CEO SpaceX Elon Musk di Kantor Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Jalan Muh Yamin VIII, Denpasar, Bali Senin (19/5/2024). Acara tersebut juga dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Namun menurut Menkominfo Budi Arie gangguan yag terjadi adalah sesuatu yang wajar dalam sebuah teknologi internet. "Engga, itu biasa saja, namanya teknologi kan begitu," kata Budi Arie seusai peluncuran Starlink.

Bahkan dia membela Starlink yang bisa menghadirkan internet cepat secara instant untuk pelayanan public di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal. "Tadi sudah dilihat peningkatan kecepatan internetnya, bagus sekali. Tadi juga dilihat kan perbandingannya, sebelum ada sinyal itu cuma 17 mbps, terus langsung lompat ke 300 mbps," jelasnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi bersama Elon Musk (Bloomberg Technoz/Raden Nurhadi)

Sebelumnya, layanan internet dari bisnis unit Starlink Space Exploration Technologies Corp ini diluncurkan di sebuah Puskemas di Denpasar, Bali. Namun dalam peluncurkan sambungan langsung wawancara dokter dan tenaga kesehatan di Pustu Bungbungan berulang kali terputus.

Akses internet Starlink pertama kali menunjukkan kendala saat dokter Aris bercerita tentang buruknya jaringan internet di wilayah tersebut. Wawancara tersebut harus diulang karena jaringan internet Starlink terputus sehingga gambar dan suara tak terhubung ke acara peluncuran.