Logo Bloomberg Technoz

Presiden Iran akan Bertemu Erdogan, Bahas Perang Israel-Hamas

News
24 January 2024 20:10

Presiden Iran, Ebrahim Raisi. (Ali Mohammadi/Bloomberg)
Presiden Iran, Ebrahim Raisi. (Ali Mohammadi/Bloomberg)

Selcan Hacaoglu dan Firat Kozok - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Iran akan mengunjungi Turki pada hari Rabu (24/1) untuk membahas perang di Gaza dan kerja sama melawan pemberontak Kurdi. Kunjungan ini menyusul upaya kedua negara tetangga itu untuk meningkatkan keamanan di tengah gejolak yang meningkat di Timur Tengah.

Ebrahim Raisi dan mitranya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, akan mengadakan pembicaraan mengenai konflik antara Israel dan Hamas. Menurut sumber, mereka juga akan membahas tentang upaya untuk melawan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Irak utara dan sayapnya di Iran.

Puluhan tentara Turki telah tewas dalam serangan PKK di Irak timur laut dalam beberapa bulan terakhir, menyusul perluasan pos-pos militer Turki di daerah tersebut. PKK telah berjuang selama beberapa dekade dengan Turki untuk mendapatkan otonomi.

"Selain hubungan bilateral, pandangan tentang masalah regional dan global saat ini, serangan Israel terhadap Gaza dan wilayah Palestina yang diduduki juga akan dibahas dalam pembicaraan," kata kantor Erdogan dalam sebuah pernyataan.