Logo Bloomberg Technoz

Erdogan Boikot WEF, Protes Penyelenggara Dukung Israel

News
17 January 2024 20:10

Recep Tayyip Erdogan (Dok: Bloomberg)
Recep Tayyip Erdogan (Dok: Bloomberg)

Firat Kozok - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta para pejabat negaranya untuk tidak menghadiri Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) yang digelar di Davos pekan ini. Menurut sumber, hal itu disebabkan oleh sikap penyelenggara forum tersebut terhadap perang Israel melawan Hamas.

Menteri Keuangan Mehmet Simsek berencana menghadiri pertemuan tahunan para pemimpin politik dan bisnis tersebut sampai Erdogan, yang mengkritik tindakan Israel dalam perang di Gaza, melarangnya untuk pergi. 

Seorang juru bicara Forum Ekonomi Dunia mengatakan bahwa "situasi keamanan dan kemanusiaan yang serius di Timur Tengah akan menjadi fokus utama" dalam pertemuan tersebut.

"Kami akan menyediakan platform bagi para pemangku kebijakan utama di kawasan ini dan sekitarnya untuk berbagi pandangan tentang cara mengurangi ketegangan dan menemukan jalan kembali ke diplomasi. Dalam hal ini, kami juga akan menghadirkan lebih dari 50 pemimpin dari dunia Arab, termasuk perwakilan tinggi Palestina," kata Forum Ekonomi Dunia.