Logo Bloomberg Technoz

Pengganti Firli Bahuri, Jokowi Minta Setneg Kontak 4 Nama Ini

Pramesti Regita Cindy
23 January 2024 15:10

Cover Artikel Firli Bahuri (Asfahan/Bloomberg Technoz)
Cover Artikel Firli Bahuri (Asfahan/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kabarnya akan segera menyerahkan sejumlah nama yang akan diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai pengganti mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri.

Pada saat ini, presiden melalui Kementerian Sekretariat Negara tengah menghubungi empat nama yang pernah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon pimpinan KPK pada 2019. Mereka termasuk 10 orang capim KPK namun gagal karena tak mendapat persetujuan Komisi III DPR saat itu.

"Ini proses sedang berjalan. Butuh konfirmasi beberapa pihak yang akan diajukan," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana dikutip pada rekaman wawancara, Senin (22/1/2024). "Empat capim yang ikut Fit and Proper Test, namun belum lolos."

Pada seleksi Capim KPK, terdapat 10 nama yang diajukan panitia seleksi kepada DPR, pertengahan 2019. Lima di antaranya kemudian terpilih menjadi pimpinan KPK periode 2019-2024 yaitu Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nawawi Pomolango, Nurul Ghufron, dan Lili Pantauli Siregar.

Lili Pintauli Siregar dan Ketua KPK Firli Bahuri. (Tangkapan Layar Instagram @lipinsir49))

Sedangkan lima nama yang gagal dalam tes terakhir tersebut adalah Joanis Tanak, Sigit Danang Joyo, I Nyoman Wara, Luthfi Jayafi Kurniawan, dan Roby Arya Brata.