Logo Bloomberg Technoz

Jepang Masih Pertahankan Suku Bunga Acuan Negatif

News
23 January 2024 13:20

Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg
Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg

Toru Fujioka - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral Jepang (Bank of Japan/BOJ) mempertahankan kebijakan moneternya dan menyesuaikan proyeksi ekonominya. Namun, mereka tidak memberikan petunjuk yang jelas mengenai kapan suku bunga negatif kemungkinan akan diakhiri. Keputusan ini mendorong pelemahan Yen.

BOJ mempertahankan suku bunga jangka pendek -0,1% dan kontrol kurva imbal hasil tetap tidak berubah pada akhir pertemuan yang digelar selama dua hari, sesuai dengan pernyataan mereka pada hari Selasa.

Bank tersebut menurunkan perkiraan inflasi untuk tahun fiskal April-Maret menjadi 2,4% dari 2,8% dalam laporan prospek triwulanan. Ini menyiratkan bahwa kenaikan harga akan terus melampaui target 2% untuk beberapa waktu, seperti yang terjadi sejak April 2022.

Keputusan kebijakan ini diperkirakan secara bulat oleh para pengamat BOJ yang disurvei oleh Bloomberg. Gempa bumi besar pada Tahun Baru dan skandal pendanaan yang semakin parah, melibatkan partai Perdana Menteri Fumio Kishida, menjadikan saat ini bukan waktu yang tepat untuk kenaikan suku bunga pertama sejak 2007.

Grafik inflasi Jepang. (Sumber: Bloomberg)