Logo Bloomberg Technoz

Disebut Mundur dari Kabinet Jokowi, Sri Mulyani Buka Suara

Mis Fransiska Dewi
19 January 2024 15:50

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Opening Speech The 10th ASEAN Finance Ministers & Central Bank Governors Meeting (Youtube)
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Opening Speech The 10th ASEAN Finance Ministers & Central Bank Governors Meeting (Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan tetap fokus pada pekerjaannya di tengah rumor pengunduran diri dari Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelang pemilu Februari mendatang.

"Saya masih bekerja," kata Sri Mulyani kepada para wartawan pada hari Jumat setelah rapat kabinet di Istana Kepresidenan di Jakarta, ketika ditanya mengenai rumor pengunduran diri tersebut.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Deni Surjantoro mengatakan Menteri Sri Mulyani tetap menjalani tugas menjaga Keuangan Negara secara profesional dan bertanggung jawab sesuai tata kelola yang baik dan sesuai peraturan perundangan.

"Sekembalinya Menkeu dari Davos, hari ini menghadiri tiga rapat internal bersama Presiden dan jajaran kabinet di Istana Merdeka," ujar Deni, melalui keterangan tertulis kepada media, Jumat (19/1/2023).

Sri Mulyani, mulai menjabat sebagai Menteri Keuangan di era Jokowi pada 2016, telah memelopori sejumlah reformasi fiskal yang dengan cepat mengembalikan defisit anggaran di bawah batas legal 3% dari produk domestik bruto (PDB) setelah pandemi. Pajak pertambahan nilai dan cukai yang lebih tinggi, serta subsidi yang lebih efisien, telah menjaga pendapatan negara di tengah kemerosotan harga komoditas global.