Logo Bloomberg Technoz

Faisal Basri: Sri Mulyani Paling Siap Mundur dari Posisi Menkeu

Azura Yumna Ramadani Purnama
16 January 2024 11:20

Faisal Basri. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Faisal Basri. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri menyarankan sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mundur dari jabatannya. Beberapa di antaranya adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

“Ayo kita sama-sama membujuk Sri Mulyani Pak Basuki dan beberapa menteri lagi untuk mundur, itu efeknya akan dahsyat. Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani yang paling siap mundur. Pramono Anung sudah gagap jadi menteri, dia kan PDIP belain Jokowi melulu pusing,” kata Faisal Basri dalam Political Economic Outlook 2024 yang disiarkan secara virtual, dikutip Selasa (16/1/2023).

“Katanya nunggu momentum, mudah-mudahan momentum ini Inshaallah jadi pemicu yang dahsyat, seperti waktu Pak Ginanjar dan 12 menteri lainnya mundur jaman Pak Harto, karena ini secara moral sudah rontok,” lanjutnya.

Seruan tersebut merupakan sikap yang diberikan lantaran kondisi utang Indonesia yang terus meningkat dan ia menilai pemerintahan Jokowi berpihak pada pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Selain itu, ia juga menilai nantinya jika Prabowo-Gibran terpilih dan melanjutkan kebijakan pemerintahan Jokowi maka utang Indonesia bisa terus naik hingga mencapai Rp16 ribu triliun.