Logo Bloomberg Technoz

PLN Bikin Stasiun Pengisian Hidrogen Perdana, Lebih Irit dari BBM

Sultan Ibnu Affan
17 January 2024 10:20

Green hydrogen atau hidrogen hijau PLN./dok. Kementerian ESDM
Green hydrogen atau hidrogen hijau PLN./dok. Kementerian ESDM

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) akan mengoperasikan Stasiun Pengisian Hidrogen atau Hydrogen Refueling Station (HRS) perdananya di Indonesia.

HRS itu dibangun di kawasan Senayan, Jakarta, yang bakal dioperasikan oleh subholding PLN Indonesia Power. Pembangunan tersebut ini juga telah mencapai 98%, dan ditargetkan rampung bulan depan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya terus berupaya mengambil langkah-langkah strategis dalam transisi energi, terutama pemanfaatan energi alternatif ramah lingkungan pengganti bahan bakar minyak (BBM).

HRS itu, kata dia, juga sebagai tindak lanjut atas pemanfaatan 21 produksi hidrogen hijau atau Green Hydrogen Plant yang telah dioperasikan perseroan sejak November 2023.

"Komitmen ini kami wujudkan dalam bentuk nyata. Tidak hanya infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik, kami juga siap menghadirkan Hydrogen Refueling Station pertama di Indonesia sebagai opsi energi yang ramah lingkungan bagi kendaraan," ujarnya dalam siaran resmi, dikutip Rabu (17/1/2024).