Logo Bloomberg Technoz

Pertamina NRE - TEPCO Kembangkan Hidrogen & Amonia Rendah Karbon

Mis Fransiska Dewi
17 December 2023 09:43

Ilustrasi Hidrogen. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Hidrogen. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dan Tokyo Electric Power Company Holdings, Incorporated (TEPCO HD) menandatangani perjanjian pengembangan bersama hidrogen rendah karbon dan amonia rendah karbon. Pertamina NRE dan TEPCO HD akan bekerja sama untuk proyek tahap pertama pada 2024.

Kerja sama tersebut bertujuan untuk berkontribusi terhadap masyarakat netral karbon dengan memanfaatkan sumber daya panas bumi Indonesia yang melimpah untuk produksi hidrogen dan amonia yang hemat biaya dan menguntungkan.

“Clean hydrogen merupakan salah satu bisnis masa depan Pertamina. Kami sangat antusias berkolaborasi dengan TEPCO sebagai mitra yang bereputasi global untuk pengembangan green hydrogen dan green amonia. Kami yakin kerjasama ini akan menciptakan nilai yang signifikan terutama dalam upaya transisi energi dan dekarbonisasi,” Executive Officer Pertamina NRE Dannif Danusaputro dalam keterangan resmi, Minggu (17/12/2023).

Dannif menambahkan, Pertamina NRE dan TEPCO HD sedang mempersiapkan pembangunan fasilitas produksi hidrogen yang berada di pembangkit listrik tenaga panas bumi Lahendong milik PT Pertamina Geothermal Energy, Tbk anak perusahaan Pertamina NRE yang berlokasi di Sulawesi Utara.

Sebelumnya pada 18 Oktober 2022 Pertamina NRE dan TEPCO HD telah meneken perjanjian studi bersama untuk pengembangan hidrogen dan amonia hijau di area panas bumi Lahendong, Sulawesi Utara. Studi bersama yang dilakukan kedua entitas mendapatkan dukungan dari NEDO, lembaga riset dan pengembangan nasional Jepang  yang mendorong pengembangan teknologi dalam rangka membangun kehidupan masyarakat yang berkelanjutan.