Logo Bloomberg Technoz

China Buat Baterai Listrik Tenaga Nuklir yang Tahan 50 Tahun

Muhammad Fikri
17 January 2024 08:30

Ilustrasi energi nuklir. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi energi nuklir. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Betavolt, perusahaan startup asal China meluncurkan baterai yang dapat menghasilkan listrik selama 50 tahun tanpa perlu pengisian daya ulang.

Betavolt mengklaim baterai nuklir buatannya ini merupakan produk pertama yang mewujudkan bentuk kecil dari energi atom di dunia. Baterai ini tampak lebih kecil dari koin yang berisikan 63 isotop nuklir.

Baterai tersebut dapat memenuhi kebutuhan pasokan listrik untuk berbagai kebutuhan, salah satunya adalah memasok kebutuhan listrik untuk peralatan Artificial Intelegent atau AI dalam jangka panjang.

“Baterai energi atom Betavolt dapat memenuhi kebutuhan pasokan listrik jangka panjang dalam berbagai skenario, seperti ruang angkasa, peralatan AI, peralatan medis, mikroprosesor, sensor canggih, drone kecil, dan robot mikro,” kata Betavolt pada siaran pers nya.

Mekanisme baterai tersebut mengunakan proses yang pertama kali dieksplorasi diabad ke-20, dengan cara mengkonversi energi yang dilepaskan peluruhan isotop menjadi listrik.