Logo Bloomberg Technoz

Polri Bangun Patung Knalpot Brong Sitaan di Sejumlah Kota

Pramesti Regita Cindy
15 January 2024 20:10

Patung Ikan yang dibuat dari knalpot brong yang disita anggota kepolisian. (Dok. Humas Polri)
Patung Ikan yang dibuat dari knalpot brong yang disita anggota kepolisian. (Dok. Humas Polri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepolisian mengklaim akan membangun sejumlah patung atau monumen di sejumlah kota. Patung tersebut dibangun dengan bahan dasar knalpot tak sesuai standar atau knalpot brong yang disita anggota polisi pada masing-masing wilayah.

“Polri tengah melakukan penindakan terhadap penggunaan kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot diluar daripada ketentuan yang berlaku serta mengganggu ketertiban dan polusi suara,” tulis keterangan pada laman Humas Polri, Senin (15/1/2024).

Polri mengklaim, keberadaan patung knalpot tersebut bisa menjadi sarana edukasi kepada masyarakat tentang larangan penggunaan knalpot brong yang mengganggu kenyamanan dan menimbulkan polusi udara. 

“Dari hasil penindakan tersebut selain dilakukan pemusnahan, hasil barang bukti dijadikan Polri menjadi patung penghias kota,” tulis Humas Polri

Berdasarkan data Humas Polri, patung knalpot telah dipasang pada beberapa kota seperti Malang, Pati, dan Bekasi. Rencananya, sejumlah kota lain juga akan segera dipasang patung knalpot. Bentuknya pun akan beragam seperti hewan, tumbuhan, hinggan abstrak.