Logo Bloomberg Technoz

Bos Blackrock: Investor Jangan Berharap Bunga Acuan The Fed Turun

News
15 January 2024 19:00

BlackRock Inc. Vice Chairman Philipp Hildebrand (Dok: Hollie Adams/Bloomberg)
BlackRock Inc. Vice Chairman Philipp Hildebrand (Dok: Hollie Adams/Bloomberg)

Craig Stirling dan Francine Lacqua - Bloomberg News

Bloomberg, Wakil Ketua BlackRock Inc, Philipp Hildebrand mengingatkan bahwa taruhan investor terhadap penurunan suku bunga AS mungkin berlebihan usai inflasi ternyata lebih tinggi dari yang diperkirakan.

"Inflasi barang akan terus turun dengan cepat--kita sekarang memiliki angka negatif--dan pada dasarnya hal ini menurunkan angka inflasi secara keseluruhan dengan cukup dramatis," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg Television di World Economic Forum di Davos. "Akibatnya, pasar sekarang telah memperhitungkan apa yang menurut saya mungkin merupakan penurunan suku bunga yang berlebihan di AS." 

Ia mengatakan bahwa perlambatan yang cepat dalam pertumbuhan harga konsumen memberikan rasa aman yang salah pada pasar keuangan. Pasar saat ini telah memperhitungkan penurunan suku bunga yang berlebihan di AS. Namun, menurut Hildebrand, investor akan segera menyadari bahwa pandangan ini keliru.

"Saya sedikit khawatir bahwa kita sudah hampir mencapai kesempurnaan, semacam soft landing yang hampir sempurna, di mana inflasi tidak lagi menjadi masalah," katanya. "Pada titik tertentu kita akan menyadari bahwa tidak mudah untuk menstabilkan target inflasi 2% yang dicari oleh bank-bank sentral, sehingga optimisme dalam suku bunga di AS pada khususnya mungkin berlebihan."