Logo Bloomberg Technoz

FAA Tingkatkan Pengawasan Terhadap Boeing Usai Insiden Max 9

News
14 January 2024 07:30

Boeing Max 9. (Sumber: Bloomberg)
Boeing Max 9. (Sumber: Bloomberg)

Siddharth Philip - Bloomberg News

Bloomberg, Federasi Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat atau FAA akan meningkatkan pengawasan terhadap operasi produksi dan manufaktur Boeing Co. Hal ini diungkap usai federasi membuka investigasi resmi terhadap produsen pesawat tersebut usai insiden pesawat Boeing 737 Max 9, pekan lalu.

Menurut dokumen pernyataan, Jumat lalu, FAA berpotensi akan membawa pihak ketiga untuk mengawasi inspeksi dan sistem kontrol kualitas pembuatan pesawat Boeing. Hal ini menjadi tanda semakin turunnya kepercayaan terhadap Boeing dalam proses pembuatan pesawat secara mandiri.

Sebelumnya, FAA sendiri sudah meningkatkan pengawasan terhadap Boeing usai kecelakaan 737 Max pada 2018 dan 2019. Dua kecelakaan tersebut menyebabkan 346 penumpang dan awak pesawat meninggal dunia. Rencananya, Inspektur FAA diharuskan untuk menandatangani setiap Boeing akan mengirimkan pesawat 737 dan 787 -- sebelum tugas ini dipegang hanya oleh karyawan Boeing sendiri.

"Sudah waktunya untuk memeriksa kembali pendelegasian wewenang dan menilai setiap risiko keselamatan yang terkait," kata Administrator FAA Mike Whitaker dalam pernyataannya.