Logo Bloomberg Technoz

Divestasi Alot, DPR Sebut Pemerintah Tak Berkutik Hadapi Vale

Sultan Ibnu Affan
12 January 2024 20:00

Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)
Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi VII DPR RI menilai pemerintah lemah dan tak berkutik dalam menghadapi PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dalam negosiasi harga 14% saham yang harus didivestasikan ke holding BUMN sektor pertambangan, PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID).

Anggota Komisi VII DPR Mulyanto berpendapat proses negosiasi kedua belah pihak yang kini masih terkatung-katung adalah refleksi lemahnya posisi tawar pemerintah.

"Sudah saham pemerintah kurang dari 51%,  tidak menjadi pengendali operasional dan finansial, kini harga sahamnya tetap ditahan tinggi, sehingga rencana divestasi molor dari jadwal," ujar Mulyanto dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (12/1/2024).

Mulyanto mengatakan, berdasarkan hasil rapat bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), legislator telah mendesak pemerintah untuk menjadi pemegang saham mayoritas hingga 51%.

Akusisi saham INCO tersebut juga mengamanatkan bahwa Indonesia bisa menjadi pengendali operasional dan juga finansial perusahaan tambang asal Kanada itu.