Logo Bloomberg Technoz

Heboh Penemuan Terowongan Ilegal dalam Sinagoge di New York

Delia Arnindita Larasati
12 January 2024 16:40

Iustrasi garis polisi. (Photo by By mstandret via Envato)
Iustrasi garis polisi. (Photo by By mstandret via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebuah sinagoge bersejarah di Brooklyn, pusat kelompok Yahudi Hasid, dihancurkan pekan ini karena perselisihan komunitas yang dipicu oleh penemuan terowongan bawah tanah rahasia. Perselisihan tersebut menyebabkan perkelahian antara para jemaat dengan pihak kepolisian.

Konflik terjadi di markas gerakan Chabad-Lubavitch di Crown Heights, sebuah situs Yahudi yang sangat dihormati. Pada Selasa, sinagoge tersebut ditutup oleh barikade polisi ketiga pihak keamanan gedung kota New York memeriksa apakah terowongan yang digali tanpa izin resmi tersebut menyebabkan kerusakan struktural pada properti.

Diberitakan oleh AP, para pejabat dan penduduk setempat mengatakan para pemuda di komunitas tersebut baru-baru ini diam-diam membangun jalan menuju tempat suci itu. Ketika para pemimpin komunitas mencoba menutup terowongan pada Senin, para pemuda tersebut melakukan protes yang berujung pada kekerasan ketika pihak kepolisian berupaya melakukan penahanan.

Hingga kini, tidak diketahui tujuan pasti dan asal-usul pembangunan terowongan ilegal tersebut.

Motti Seligson, juru bicara Chabad, mengatakan kepada AP bahwa terowongan diyakini bermula di sebuah ruang bawah tanah gedung apartemen kosong di belakang kantor pusat, mengular di bawah serangkaian kantor dan ruang kuliah sebelum akhirnya terhubung ke sinagoge.