Logo Bloomberg Technoz

Bulog Pastikan Penyaluran Bantuan Pangan Tanpa Atribut Apapun 

Dovana Hasiana
11 January 2024 17:40

Ilustrasi Harga Pangan (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Harga Pangan (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan bahwa penyaluran bantuan pangan dilakukan tanpa atribut apapun. Menurutnya, ini merupakan program negara yang ditujukan untuk rakyat. 

“Tidak boleh ada atribut apapun kecuali yang natural, kalau Kantor Pos ya atribut Kantor Pos, Kelurahan ya atribut Kelurahan. Kami (Bulog) dengan transporter sangat ketat melakukan itu, ini adalah program negara. Ini punya rakyat. Bagi kami politisasinya itu ya urusa politisi lah. Kami melaksanakan tugasnya,” ujar Bayu dalam konferensi pers Keberhasilan Bantuan Pangan Beras Menahan Laju Inflasi, di Kantor Bulog, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2024).

Menurut Bayu, Bulog juga hanya berperan untuk melakukan penugasan dari pemerintah. Dalam hal ini, pemerintah merupakan pihak yang bertanggung jawab dalam memberikan data keluarga penerima manfaat (KPM) atau keluarga penerima bantuan pangan. 

Sehingga, Bulog hanya melaksanakan penugasan dengan menyediakan cadangan beras pemerintah (CBP) untuk pelaksanaan bantuan pangan dan menyalurkan bantuan pangan kepada KPM yang tercatat. 

“Kami melaksanakan, menyediakan stok dan menyalurkannya. Penyaluran oleh para transporter para profesional logistik penyalur. Bagi kami urusannya adalah keluarga KPM ini menerima 100 kg beras dan bisa kita pertanggungjawabkan prosesnya. Yang lain kita tidak ikut-ikut,” ujarnya.