Logo Bloomberg Technoz

Penerbitan pasar obligasi bersih oleh LGFV, tidak termasuk obligasi yang diterbitkan untuk menggantikan surat utang yang sudah jatuh tempo, turun menjadi 1,49 triliun yuan (US$208 miliar) pada 2023, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. 

Jumlah tersebut merupakan jumlah terendah sejak 2019. Angka tersebut dihitung berdasarkan daftar penerbit obligasi LGFV dalam negeri yang menggunakan indeks Chinabond sebelumnya sebagai referensi. Pihak berwenang China tidak memberikan daftar resmi LGFV atau data penerbitan obligasi.

Para ekonom melihat angka tersebut semakin menurun. Beberapa analis, termasuk di Goldman Sachs Group Inc. dan Tianfeng Securities, memperkirakan penurunan besar dalam penerbitan obligasi bersih LGFV tahun ini.

Masalah ini dianggap penting karena para ekonom memperkirakan pasar properti yang lesu dan pertumbuhan ekspor yang lemah akan terus berlanjut tahun ini, yang berarti perekonomian memerlukan dukungan fiskal untuk mencapai target pertumbuhan yang diharapkan sekitar 5%. Meskipun pemerintah pusat kemungkinan akan meningkatkan dukungannya, masih belum jelas apakah dukungan tersebut dapat mengatasi hambatan yang ditimbulkan oleh LGFV.

Beberapa ekonom memperkirakan laju pertumbuhan investasi infrastruktur akan menurun pada tahun ini. Morgan Stanley melihat investasi aset tetap dalam infrastruktur turun menjadi 7% tahun-ke-tahun pada tahun 2024 meskipun ada lebih banyak belanja pemerintah pusat untuk “mengimbangi deleveraging LGFV.” Angka tersebut akan menjadi satu poin persentase lebih rendah dibandingkan tahun 2023.

Pemerintah daerah telah mengurangi proyek investasi mereka, menurut data yang dikumpulkan oleh Mysteel. Nilai investasi seumur hidup yang diharapkan dari proyek-proyek baru yang diluncurkan pada 11 bulan pertama tahun 2023 adalah 45,8 triliun yuan, dibandingkan dengan 51,6 triliun yuan pada periode yang sama tahun sebelumnya.

LGFV meminjam dari bank dan pasar obligasi untuk membiayai proyek-proyek kepentingan publik seperti jalan raya dan kawasan industri, namun utang mereka tidak dihitung dalam neraca resmi. Ini lantaran pemerintah daerah bertanggung jawab terhadap perusahaan, maka kewajiban mereka sering digambarkan sebagai utang pemerintah yang “tersembunyi” atau “implisit”.

Pertumbuhan utang-utang provinsi di China (Bloomberg)

Meskipun perusahaan-perusahaan tersebut menyumbang sebagian besar belanja infrastruktur nasional selama satu dekade terakhir, banyak di antara mereka yang mengalami kesulitan membayar utang karena perlambatan perekonomian dan penurunan properti dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan September, Beijing meluncurkan program senilai 1 triliun yuan yang memungkinkan provinsi menerbitkan obligasi berbunga rendah untuk menggantikan utang LGFV. Bulan berikutnya, pihak berwenang meminta bank untuk menurunkan suku bunga dan memperpanjang jangka waktu pinjaman kepada LGFV.

Para pejabat China nampaknya ingin menghindari dampak dari putaran pertukaran utang pemerintah daerah sebelumnya yang berlangsung dari tahun 2015 hingga 2017 – sebuah program yang mengarah pada perluasan pinjaman pemerintah daerah.

“Kali ini akan ada lebih banyak kontrol terhadap pinjaman LGFV,” kata Wolfe. 

“Meskipun pertukaran utang sebelumnya terbukti bersifat reflasi terhadap perekonomian, saya pikir putaran ini kemungkinan besar akan berkontribusi terhadap tekanan deflasi di China.”

Berkat program refinancing terbaru ini, pemerintah pusat mempunyai gambaran yang lebih rinci mengenai utang pemerintah daerah. Pada gilirannya, ibu kota provinsi melakukan lebih banyak pengawasan terhadap pinjaman di tingkat pemerintahan yang lebih rendah, seperti kota dan kabupaten.

Ke depan, “akan lebih sulit untuk mendapatkan persetujuan penerbitan utang,” kata Ting Meng, ahli strategi kredit senior di Australia & New Zealand Banking Group Ltd. 

“Sementara itu, utang-utang di luar neraca juga perlu diawasi dan dilarang secara ketat.”

Kementerian Keuangan China bulan lalu berjanji untuk “dengan tegas mencegah utang implisit baru” ketika menguraikan rencananya untuk tahun 2024.

Pemerintah menciptakan beberapa sumber pendanaan baru untuk infrastruktur, termasuk 1 triliun yuan utang pemerintah khusus yang akan didistribusikan ke provinsi-provinsi. Pada bulan Desember, bank sentral menyediakan dana baru senilai 350 miliar yuan untuk bank kebijakan, yang sering berinvestasi dalam proyek pekerjaan umum. Opsi lainnya adalah memperluas kuota penerbitan obligasi resmi untuk pemerintah daerah.

(bbn)

No more pages