Logo Bloomberg Technoz

Maskapai Desak Airbus Ikut Benahi Kualitas, Tak Cuma Boeing

News
09 January 2024 21:00

Pesawat Boeing 737 Max 8 di luar fasilitas manufaktur di Renton, Washington, AS, Minggu (7/1/2024). (David Ryder/Bloomberg)
Pesawat Boeing 737 Max 8 di luar fasilitas manufaktur di Renton, Washington, AS, Minggu (7/1/2024). (David Ryder/Bloomberg)

Leen Al-Rashdan - Bloomberg News

Bloomberg, Maskapai Wizz Air Holdings Plc mengatakan industri pesawat terbang harus meningkatkan prosesnya untuk memberikan kepastian lebih besar kepada maskapai penerbangan atas operasi mereka, di tengah berlanjutnya kendala rantai pasok dan dampak dari ledakan badan pesawat pada jet Alaska Airlines Boeing Co akhir pekan lalu.

“Airbus, Boeing, dan produsen mesin perlu melakukan kontrol kualitas internal dengan lebih baik,” Jozsef Varadi, CEO maskapai diskon Wizz Air Holdings Plc, mengatakan dalam sebuah wawancara di Abu Dhabi pada Selasa (9/1/2024.

“Saya pikir mereka harus meningkatkan proses dan organisasi mereka. Mereka harus mengalokasikan lebih banyak sumber daya, lebih banyak kapasitas untuk itu.”

Varadi mengatakan permasalahan di sektor penerbangan tidak berhenti pada produsen saja, tetapi pengawasan terhadap peraturan juga perlu ditingkatkan. Sudah terlalu lama, lanjutnya, pengawas dan produsen hidup berdampingan dalam apa yang disebutnya sebagai hubungan yang “cukup nyaman”.