Logo Bloomberg Technoz

United & Alaska Temukan Bagian yang Lepas dari Boeing 737 MAX 9

Redaksi
09 January 2024 14:50

Ilustrasi pesawat Boeing 737 Max (dok. Bloomberg)
Ilustrasi pesawat Boeing 737 Max (dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Insiden Boeing 737 MAX terbaru semakin dalam setelah United Airlines dan Alaska Airlines mengatakan bahwa mereka telah menemukan suku cadang yang longgar pada beberapa pesawat Boeing 737 MAX 9 yang dikandangkan, sehingga menimbulkan kekhawatiran baru di antara para pakar industri tentang bagaimana pesawat ini diproduksi.

Regulator AS mengandangkan 171 pesawat Boeing 737 MAX 9 setelah sebuah panel terlepas dari penerbangan yang dioperasikan Alaska Airlines tidak lama setelah lepas landas dari bandara Portland, Oregon, pada Jumat, memaksa pilot untuk bergegas mendaratkan pesawat dengan aman.

Melansir Reuters, Selasa (9/1/2024), Alaska Airlines (ALK.N) mengatakan pada Senin malam bahwa laporan awal dari para teknisi mengindikasikan adanya "perangkat keras yang longgar" yang terlihat pada beberapa pesawat di area yang relevan saat mereka melakukan pengecekan terhadap armadanya.

Maskapai ini sedang menunggu dokumentasi akhir dari Boeing (BA.N) dan Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) sebelum inspeksi formal dapat dimulai.

Pesawat Boeing 737 Max. (Jason Alden/Bloomberg)

United (UAL.O), maskapai AS lainnya yang menerbangkan model Boeing dengan panel ini, mengatakan bahwa pemeriksaan awal yang dilakukannya menemukan adanya baut yang perlu dikencangkan pada beberapa panel.