Logo Bloomberg Technoz

Hasil Penyelidikan Boeing: Ada Baut Kendur di Plug Pintu Alaska

News
09 January 2024 17:20

Pesawat Boeing 737 Max (Bloomberg)
Pesawat Boeing 737 Max (Bloomberg)

Danny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Penyelidik yang menyelidiki ledakan bagian pesawat pada Boeing 737 Max 9 pada 5 Januari menemukan bahwa penutup pintu bergerak ke atas sebelum meledak dan bahwa fitting yang menahan bagian tersebut lepas.

Sementara dua maskapai penerbangan AS yang mengoperasikan pesawat yang kini dilarang terbang tersebut mengatakan pemeriksaan pemeliharaan mereka sendiri menemukan baut yang kendur pada pesawat yang terparkir.

Ketua Dewan Keselamatan Transportasi Nasional, Jennifer Homendy, berbicara pada konferensi pers pada Senin malam, mengatakan bahwa agensinya mungkin akan memperluas penyelidikan ke pesawat Boeing Max 9 lainnya untuk melampaui model Alaska Airlines di mana kecelakaan terjadi. Pemeriksaan yang lebih luas akan datang saat Boeing berusaha bekerja sama dengan pelanggan untuk mengembalikan pesawat ke layanan dan menghindari penangguhan yang berkepanjangan.

"Kita perlu terlebih dahulu mencari tahu apa yang terjadi pada pesawat ini," ujar Homendy. "Jika kita memiliki masalah lebih besar secara sistem, atau masalah di seluruh armada, kita akan mengeluarkan rekomendasi keselamatan mendesak untuk mendorong perubahan."