Logo Bloomberg Technoz

China Isyaratkan Pelonggaran & Pemangkasan Rasio Cadangan

News
09 January 2024 11:40

People's Bank of China. (Dok: Bloomberg)
People's Bank of China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral China, People Bank of China (PBOC), melontarkan sinyal akan mempertahankan kebijakan moneter longgar dengan menurunkan tingkat cadangan dana yang harus disisihkan oleh bank atau giro wajib minimum. Sinyal terbaru itu menguatkan ekspektasi para investor akan adanya kebijakan pelonggaran lebih lanjut di depan. 

People's Bank of China akan memakai berbagai instrumen untuk memberi dukungan yang kuat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi mereka, menurut pejabat PBOC Zou Lan dalam wawancara dengan Xinhua News, Senin lalu.

Lan menggarisbawahi "persyaratan dana cadangan" sebagai salah satu opsi, menunjukkan bahwa otoritas mempertimbangkan untuk menurunkan rasio sebagai cara untuk mendongkrak kapasitas penyaluran kredit.

“Komentar resmi tersebut mungkin memperkuat ekspektasi pelonggaran PBOC, karena bank sentral menyebutkan instrumen RRR dan mengisyaratkan kesediaan untuk mengarahkan suku bunga lebih rendah,” kata Xing Zhaopeng, Senior Strategist Tiongkok di Australia & New Zealand Banking Group Ltd. Dia menambahkan, meskipun banyaknya harapan pelonggaran lebih lanjut itu telah diperhitungkan oleh pasar.

Bank sentral juga akan memperkuat penyesuaian kebijakan kontra-siklikal dan lintas-siklikal untuk menciptakan kondisi keuangan yang mendukung pertumbuhan ekonomi negara, menurut Zou, dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Senin.

China mungkin akan menurunkan tingkat RRR perbankan (Bloomberg)

Bank sentral juga akan memperkuat penyesuaian kebijakan kontra-siklus dan lintas siklus untuk menciptakan kondisi keuangan yang menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi negara tersebut, kata Zou kepada surat kabar tersebut. Dia menambahkan bahwa PBOC akan memandu lembaga keuangan untuk memperkuat manajemen risiko likuiditas mereka untuk operasi pasar uang yang stabil.

Investor dan analis telah memperkirakan kebijakan moneter yang longgar tahun ini karena perekonomian Tiongkok terus menunjukkan tanda-tanda pelemahan dan kepercayaan diri belum pulih. Data mendatang diharapkan memberikan lebih banyak petunjuk mengenai kemajuan pemulihan, termasuk kondisi aktivitas pinjaman bulan lalu dan seberapa parah tekanan deflasi yang masih terjadi di negara besar itu.

Pernyataan Zou tidak serta-merta menandakan pemotongan rasio persyaratan cadangan (Reserve Requirement Ratio/RRR) dalam waktu dekat – meskipun pernyataan tersebut mungkin menunjukkan bahwa tindakan tersebut mungkin akan dilakukan dalam beberapa bulan mendatang. Dia menyampaikan komentar publik serupa pada bulan Juli lalu sebelum bank sentral menurunkan RRR untuk bank-bank besar pada bulan September.