Logo Bloomberg Technoz

Nvidia Luncurkan Chip Baru, Klaim Pimpin Persaingan PC AI

News
09 January 2024 12:10

Nvidia. (Dok: Bloomberg)
Nvidia. (Dok: Bloomberg)

Ian King - Bloomberg News

Bloomberg, Nvidia Corp mengumumkan produk baru untuk membantu industri komputer pribadi memikat konsumen dengan PC AI. Nvidia dikenal sebagai perusahaan dengan teknologi chip-nya mendominasi pusat data yang digunakan untuk membuat perangkat lunak kecerdasan buatan.

Nvidia meluncurkan tiga chip grafis desktop baru dengan komponen tambahan yang memungkinkan para gamer, desainer, dan pengguna komputer lainnya untuk memanfaatkan AI dengan lebih baik pada mesin pribadi mereka tanpa harus bergantung pada layanan jarak jauh yang diakses melalui internet. Chip tersebut, versi terbaru dari penawaran yang sudah ada, akan ditawarkan dengan "harga baru yang luar biasa," kata perusahaan tersebut pada Senin dalam sebuah presentasi di pameran dagang CES.

Saingan Nvidia, Intel Corp dan Advanced Micro Devices Inc telah memuji apa yang mereka katakan sebagai era baru untuk industri ini: PC AI. Kedua perusahaan ini berpendapat bahwa perangkat lunak AI lebih aman dan responsif saat dijalankan pada PC itu sendiri dibanding melalui internet. Nvidia kini mengklaim bahwa chip grafisnya merupakan mesin terbaik untuk menggerakkan laptop dan desktop jenis baru.

GeForce RTX 4080 SUPER yang baru akan mendapatkan lebih banyak inti pemrosesan dan memori yang lebih cepat. Chip ini dapat menjalankan perangkat lunak pembuat gambar Stable Diffusion XL 1,7 kali lebih cepat daripada model yang setara dari teknologi Nvidia generasi sebelumnya, kata perusahaan tersebut. Chip baru ini juga akan mendukung game dengan ray tracing--membangun gambar dengan menghitung jalur sinar cahaya individu--pada resolusi 4K.