Logo Bloomberg Technoz

Pernyataannya juga muncul ketika para trader meningkatkan pertaruhan pada pelonggaran moneter yang lebih banyak tahun ini karena pemulihan ekonomi yang lemah memberikan tekanan pada pihak berwenang untuk memotong suku bunga dan menyediakan likuiditas yang cukup.

Meski begitu, terdapat tanda-tanda bahwa kondisi sudah siap untuk melakukan pelonggaran lebih lanjut. Imbal hasil obligasi pemerintah Tiongkok berada pada titik terendah dalam hampir empat tahun terakhir, sementara bank mampu memperoleh utang jangka pendek dengan lebih murah di pasar uang dibandingkan dari bank sentral. PBOC juga telah melunakkan intervensinya terhadap yuan, sementara pemberi pinjaman komersial besar baru-baru ini menurunkan suku bunga deposito mereka.

Tindakan apa pun dalam waktu dekat akan terjadi setelah serangkaian tindakan agresif yang dilakukan oleh para pembuat kebijakan untuk memompa lebih banyak uang ke dalam sistem perbankan.

Para pembuat kebijakan memberikan pinjaman satu tahun senilai 800 miliar yuan, sekitar US$111 miliar yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada para pemberi pinjaman komersial pada pertengahan Desember dan menyuntikkan lebih banyak uang tunai jangka pendek melalui operasi pasar terbuka pada akhir tahun.

Efek gabungannya setara dengan setidaknya pemangkasan rasio cadangan sebesar 50 basis poin yang akan membawa neraca bank sentral ke rekor baru.

"PBOC masih berutang pada pasar untuk menurunkan RRR meskipun ada suntikan likuiditas yang sangat tinggi," kata Neo Wang, Managing Director untuk riset China di Evercore ISI di New York.

"Pasar ekuitas sangat membutuhkan kabar baik. Kami rasa penurunan RRR sebesar 25 basis poin akan segera terjadi dan bank-bank juga akan menurunkan suku bunga pinjaman jangka menengah dan suku bunga utama dalam dua minggu ke depan," katanya.

Imbal Hasil Rendah

Pasar menuntut tindakan dari otoritas Tiongkok yang mungkin dapat memberikan lebih banyak momentum ke dalam pemulihan.

Indeks CSI 300 – indeks harga saham dalam negeri Tiongkok – naik 0,4% pada pertengahan pagi hari Selasa, mengikuti kenaikan saham di kawasan. Indeks tersebut merosot ke level terendah dalam hampir lima tahun pada sesi sebelumnya karena masih adanya kekhawatiran terhadap perekonomian dan ketidakpastian kebijakan.

Yuan telah menguat hampir 3% terhadap dolar setelah mencapai level terlemahnya sejak tahun 2007 pada September, membuka ruang bagi PBOC untuk melonggarkan kebijakan tanpa memicu arus keluar modal yang signifikan. Imbal hasil pemerintah Tiongkok dengan tenor 10 tahun mendekati level terendah dalam lebih dari dua dekade.

Pertumbuhan kredit masih rendah di China (Bloomberg)

Beberapa analis memperingatkan bahwa penurunan RRR kemungkinan tidak akan cukup untuk memicu perubahan haluan yang berarti. Bank sentral dua kali mengurangi rasio tersebut pada tahun lalu – bersama dengan langkah-langkah lain termasuk penurunan suku bunga kebijakan – dalam upaya yang gagal memberikan dampak berarti.

“Ini adalah sebuah refleks yang tidak terlalu penting – bukan resolusi yang memadai, apalagi gemilang, terhadap defisit kepercayaan yang mendalam di Tiongkok,” tulis Vishnu Varathan, Head of Economic and Strategy di Mizuho Bank Ltd, di Singapura, dalam sebuah catatan penelitian tentang a potensi penurunan RRR.

Sentimen di kalangan dunia usaha di Tiongkok masih rendah di tengah ketidakpastian peraturan. Sementara itu, konsumen terpukul oleh suramnya pasar kerja dan kemerosotan properti di negara ini, yang kini memasuki tahun keempat.

“Hanya meningkatkan kapasitas pasokan kredit, yang mana pemotongan RRR akan dilakukan, tidak akan menjamin pemulihan arus kas tanpa hambatan,” tulis Varathan.

Ia menyebutkan hubungan erat antara industri real estate dan perbankan bayangan di Tiongkok, serta permasalahan utang di kalangan pemerintah daerah, sebagai isu yang “tidak bisa diabaikan begitu saja dengan pemotongan RRR.” Contoh kasus: Kegagalan raksasa perbankan bayangan Zhongzhi Enterprise Group Co., yang pekan lalu mengajukan kebangkrutan.

“Pelonggaran kebijakan moneter memang membantu dalam hal margin, namun pelonggaran kebijakan fiskal akan lebih efektif,” kata Zhang Zhiwei, Kepala Ekonom di Pinpoint Asset Management Co.

Pihak berwenang Tiongkok telah berjanji untuk memperkuat dukungan fiskal bagi perekonomian melalui langkah-langkah termasuk peningkatan belanja pemerintah pada tahun 2024, karena Beijing diperkirakan akan menetapkan target pertumbuhan ambisius untuk tahun ini sekitar 5% atau lebih. Stimulus fiskal lemah pada tahun lalu karena pihak berwenang kesulitan mendapatkan pendapatan dari penjualan tanah, yang merupakan dampak dari krisis properti.

(bbn)

No more pages