Logo Bloomberg Technoz

5 Hari Usai Listing, AKP Nickel (NICE) Dijual ke Korsel

Mis Fransiska Dewi
09 January 2024 08:53

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Adhi Kartiko Pratama atau AKP Nickel Mining akan mencatatkan (listing) sahamnya hari ini, Selasa (9/1/2024). Perusahaan akan listing menggunakan kode saham NICE.

Initial public offering (IPO) yang diakhiri dengan proses listing itu menarik untuk dicermati. Pasalnya, bukan hanya melepas saham lama dalam perhelatan ini, namun pemegang saham pengendali AKP Nickel (NICE) akan segera menjual perusahaan ke perusahaan Korea Selatan (Korsel) tak lama usai IPO.

Berdasarkan prospektus, Sungai Mas Minerals, Inti Mega Ventura merupakan pemegang saham pengendali AKP Nickel sebelum IPO. Victor Agung Susantyo juga merupakan pemegang saham perusahaan.

Ketiganya sepakat akan menjual kepemilikannya di AKP Nickel kepada perusahaan asal Korsel, LX International Corp. LX International akan mengambilalih porsi kepemilikan ketiganya di AKP Nickel melalui entitas usahanya, PT Energy Battery Indonesia.

Para pihak, baik penjual dan pembeli, telah menandatangani kesepakatan jual beli bersyarat pada 2 November 2023.