Logo Bloomberg Technoz

Baru Listing, Saham Emiten Mantan Petinggi BIN ke Bawah Harga IPO

Azura Yumna Ramadani Purnama
08 January 2024 10:08

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Citra Nusantara Gemilang Tbk (CGAS) resmi mencatatkan sahamnya (listing) hari ini, Senin (8/1/2023). Perusahaan energi ini menjadi perusahaan kedua yang melakukan listingi di 2024.

Berdasarkan keterangan perusahaan, Citra Nusantara Gemilang (CGAS) merupakan perusahaan energi  dengan area penyaluran di Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Pengendali dan pemilik manfaat akhir (ultimate beneficial owner) CGAS adalah Zaqi Ismail dan Sanjaya.

Zaqi Ismail adalah putra dari As’at Said Ali yang merupakan komisaris utama perseroan. As’at Said Ali menjabat komisaris utama CGAS sejak tahun 2010. Sebelumnya, ia merupakan wakil kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN) tahun 2000-2010 dan merupakan deputi III BIN tahun 1999-2000.

Performa saham Citra Nusantara Gemilang sejauh ini belum memuaskan. Harga sejatinya sempat menyentuh level Rp422/saham pada pembukaan pagi ini. Level itu 18% lebih tinggi diabnding saat pembukaan di Rp338/saham.

Namun, kenaikan itu tidak bertahan lama. Dalam sekjap, saham Citra Nusantara Gemilang (CGAS) berbalik arah. Hingga pukul 9.55, harga saham sudah turun hingga di bawah harga IPO, usai kehilangan 36 poin atau setara 10,06%.