Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Ungkap Alasan ASN & TNI/Polri di Eranya Jarang Naik Gaji

Dovana Hasiana
08 January 2024 11:40

Presiden Jokowi saat meresmikan tol Cinere-Pamulang (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat meresmikan tol Cinere-Pamulang (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa kondisi fiskal merupakan alasan mengapa gaji aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri relatif jarang naik pada pemerintahannya dibandingkan pada pemerintahan pendahulunya.

Hal ini dilontarkan untuk menanggapi pernyataan calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan yang pada saat debat capres Minggu (7/11/2024) menyinggung soal kenaikan gaji yang hanya terjadi tiga kali dalam 10 tahun pada era pemerintahan Jokowi. 

Menurut Jokowi, kondisi fiskal Indonesia mendapatkan tekanan dari kondisi eksternal seperti pandemi Covid-19, perang dagang dan geopolitik.

“Ya situasi fiskal kita, situasi ekonomi kita kan berbeda-beda. Kalau fiskal dalam posisi tertekan oleh eksternal, misalnya Covid, perang dagang, geopolitik yang tidak memungkinkan, ya tidak mungkin kita lakukan (kenaikan gaji),” ujar Jokowi usai peresmian jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor yang disiarkan secara virtual, Senin (8/1/2024). 

Jokowi mengatakan bahwa keputusan untuk tidak menaikkan gaji diambil berdasarkan perhitungan dan pertimbangan yang matang. Sehingga tidak mungkin pihaknya menaikan gaji bila kondisi fiskal Indonesia dalam situasi tertekan.