Logo Bloomberg Technoz

AS dan Uni Eropa baru-baru ini telah meningkatkan peringatan atas kelebihan kapasitas China. Eropa memulai serangkaian investigasi perdagangan, yang menyebabkan China minggu lalu meluncurkan penyelidikan anti-dumping terhadap produk minuman keras Uni Eropa seperti brendi--sebuah langkah yang oleh para analis dilihat sebagai target Prancis, pendukung utama tindakan blok tersebut terhadap subsidi kendaraan listrik China. Presiden AS Joe Biden juga telah memperketat langkah-langkah untuk menolak teknologi canggih China, dan pemilihan presiden tahun ini yang kemungkinan besar akan menampilkan Donald Trump dapat membuat kebijakan proteksionis semakin meningkat.

Negara-negara berkembang juga terkena dampaknya. Meskipun strategi China dapat menurunkan biaya barang modal, upayanya untuk mempertahankan industri kelas bawah mempersempit ruang gerak negara-negara seperti Vietnam dan Indonesia yang seharusnya mendapatkan keuntungan dari langkah China untuk meningkatkan rantai nilai. Negara-negara lain yang ingin menarik industri yang lebih canggih, termasuk Turki dan India, meningkatkan proteksionisme yang ditujukan kepada China.

Fokus manufaktur Xi didorong oleh perpaduan antara tujuan ekonomi, keamanan, dan stabilitas sosial. Para penasihat kebijakan dan ekonom yang terkait dengan pemerintah China mengatakan bahwa hal itu termasuk keinginan untuk menghindari masalah-masalah seperti melebarnya ketidaksetaraan pendapatan dan meningkatnya populisme yang muncul di AS setelah mereka kehilangan lapangan kerja manufaktur ke China. Pembatasan AS terhadap chip kelas atas juga telah mendorong China untuk melipatgandakan upaya untuk mencapai swasembada teknologi mutakhir sebagai prioritas keamanan nasional yang mendesak.

"China ingin menjadi Amazon-nya negara-negara--Amazon adalah toko segalanya, China ingin menjadi negara yang 'membuat segalanya'," kata Damien Ma dari lembaga pemikir AS, Macropolo, yang bertemu dengan para pembuat kebijakan senior di Beijing tahun lalu. "Visinya adalah membawa rantai pasokan yang lengkap ke China."

Angka-angka ini bersejarah: Surplus barang manufaktur China relatif terhadap PDB global sekarang sekitar 2%, tingkat yang mungkin belum pernah terjadi sejak AS setelah Perang Dunia II, menurut Bloomberg Intelligence. Diperkirakan sekitar 45% dari hasil produksi manufaktur China diekspor karena 1,4 miliar orang di negara ini tidak dapat membeli cukup banyak barang seperti mobil listrik, kapal, dan peralatan rumah tangga untuk memenuhi peningkatan pasokan.

Sementara para ekonom arus utama pada tahun 1990-an dan 2000-an cenderung menekankan manfaat bagi konsumen dari impor yang lebih murah dari China, politisi seperti Trump sejak saat itu berusaha memanfaatkan kemarahan publik yang berasal dari hilangnya pekerjaan di negara-negara maju. "Guncangan Tiongkok," sebuah frasa yang diciptakan oleh sekelompok ekonom pada tahun 2016, telah disalahkan atas segala hal, mulai dari meningkatnya populisme hingga melambatnya pertumbuhan produktivitas.

Fokus baru China pada "peningkatan industri" berarti mendorong ke sektor-sektor yang sekarang didominasi oleh negara-negara terkaya. Hal ini menyebabkan penurunan impor dari negara-negara seperti Jerman, Korea Selatan, dan Jepang yang secara tradisional mengalami surplus perdagangan dengan Tiongkok karena mereka menyediakan komponen-komponen berteknologi tinggi untuk pabrik-pabriknya.

Bukti dari fokus baru China pada manufaktur ada di mana-mana, mulai dari lonjakan pinjaman bank ke sektor industri hingga investasi yang melonjak di kawasan industri dan peningkatan ekspor mulai dari mobil, ekskavator, hingga mesin cuci. Yang mengejutkan para trader, hal ini juga menopang harga-harga komoditas global, meskipun ada kemerosotan dalam konstruksi perumahan.  

Keberhasilan manufaktur China yang paling jelas adalah produk "tiga produk baru". Nilai ekspor mobil listrik, baterai, dan panel surya tumbuh 42% per tahun dalam tiga kuartal pertama tahun 2023, menurut statistik resmi. Penjualan domestik produk-produk tersebut bahkan lebih besar daripada ekspor, didorong oleh subsidi untuk instalasi tenaga surya dan pembelian mobil listrik. Konsumen lokal membeli hampir 6 juta mobil listrik penumpang buatan dalam negeri dalam sepuluh bulan pertama tahun lalu, dibandingkan dengan ekspor sebesar 1,6 juta.

Hal ini menunjukkan kesamaan dengan lintasan ekonomi Jepang--tetapi bukan perbandingan yang lazim dengan dekade-dekade yang hilang setelah keruntuhan propertinya.

Sama seperti Jepang pada tahun 1980-an, kebangkitan China ke bidang manufaktur yang lebih canggih sekarang menjadikannya pesaing langsung dengan negara-negara maju, menurut André Sapir, rekan senior di Bruegel yang berbasis di Brussels dan penasihat ekonomi untuk mantan Presiden Uni Eropa, Romano Prodi. Perbedaan utama, katanya, adalah bahwa Jepang adalah sekutu AS.

"Jepang adalah segalanya bagi China saat ini," katanya. "Hal ini dapat dikelola karena tidak ada perbedaan dari sudut pandang politik. Mereka adalah negara yang bersahabat dari sudut pandang geopolitik."

Kali ini berbeda

Menteri Keuangan Janet Yellen pada November memperingatkan bahwa kelebihan pasokan "dapat muncul di masa depan di industri-industri yang diinvestasikan oleh China dengan sangat besar." Subsidi selektif dalam Undang-Undang Pengurangan Inflasi Biden bertujuan untuk membuat harga teknologi hijau buatan China keluar dari pasar AS sementara peningkatan pembatasan penjualan chip berteknologi tinggi berusaha memperlambat kenaikan China.

Komisi Uni Eropa juga secara langsung meluncurkan penyelidikan terhadap mobil listrik China--sebuah langkah yang jarang terjadi karena penyelidikan semacam itu biasanya diminta oleh industri. Pada November, kepala Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen mengatakan bahwa "kelebihan kapasitas di industri yang dilindungi di Tiongkok membanjiri pasar global dan dapat merusak basis industri kami."

Beijing telah mencoba meredakan ketegangan dengan Washington dan pihak-pihak lain dengan menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan asing dipersilakan masuk: asalkan dibuat di China, tidak harus dibuat oleh perusahaan-perusahaan China, kata para pejabat. Tesla Inc, misalnya, telah disambut baik untuk berproduksi di China untuk penjualan domestik dan ekspor.

Namun, perusahaan-perusahaan lain mengeluhkan bahwa pasar China menjadi kurang terbuka terhadap barang-barang yang dibuat oleh perusahaan asing, bahkan jika manufakturnya dilakukan secara lokal. Beberapa sektor masih terlarang bagi investor asing dan pemerintah semakin menerapkan kebijakan "beli produk China" untuk barang-barang seperti peralatan medis, kata mereka.

Kebutuhan China akan investasi asing untuk membantu membawa pengetahuan untuk meningkatkan manufaktur berarti para pembuat kebijakan perlu membuat konsesi strategis untuk menjaga agar bisnis luar negeri tetap berada di pihak mereka. Dalam perjalanannya ke San Francisco pada November, Xi mengatakan kepada sebuah ruangan yang penuh dengan para eksekutif bisnis bahwa Tiongkok siap untuk menjadi mitra dan teman AS.

Tetapi tidak akan ada kompromi pada strategi yang mendasarinya. Dalam pidato tahun 2020 yang menjelaskan strategi sirkulasi ganda, sebuah upaya untuk menyeimbangkan kembali ekonomi terhadap permintaan domestik dalam menghadapi permusuhan eksternal yang meningkat, Xi menyebut manufaktur sebagai "garis hidup" dan "fondasi" negara.

Porsi manufaktur dalam PDB China mencapai puncaknya pada tahun 2011, dan pada tahun 2015, sektor jasa mulai menyumbang lebih dari separuh perekonomian, yang merupakan hal yang normal ketika sebuah negara menjadi semakin makmur. Namun, sejak saat itu Tiongkok memutuskan untuk melawan gravitasi ekonomi: Rencana ekonomi lima tahun terakhir negara ini menyatakan bahwa pangsa manufaktur tidak akan dibiarkan menyusut dari tahun 2020 dan seterusnya. Dibantu oleh lonjakan permintaan untuk barang-barang China selama pandemi, pangsa tersebut naik dua poin persentase selama dua tahun ke depan untuk mencapai 28% dari PDB.

Ada alasan ekonomi untuk rencana Xi. Pertumbuhan ekonomi cenderung melambat karena negara-negara menjadi lebih didominasi oleh jasa karena peningkatan produktivitas lebih sulit didapat. Manufaktur juga memiliki lebih banyak limpahan ke sektor-sektor lain.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura menemukan bahwa setiap 100 pekerjaan manufaktur baru terkait dengan 27 pekerjaan non-manufaktur baru; sebaliknya, setiap 100 pekerjaan jasa baru terkait dengan hanya 3 pekerjaan manufaktur tambahan. Sektor ini juga memiliki potensi inovasi tertinggi, menyumbang sebagian besar pengeluaran penelitian dan pengembangan di seluruh ekonomi dan mempekerjakan sebagian besar ilmuwan dan insinyur.

Untuk negara-negara berpenghasilan menengah seperti Tiongkok, "industrialisasi tetap menjadi pendorong terkuat pembangunan ekonomi," kata Jostein Hauge, asisten profesor di bidang studi pembangunan di University of Cambridge, dan penulis The Future of the Factory.

Ada juga dividen hijau dari peralihan dari properti. Total emisi China mungkin telah mencapai puncaknya tahun lalu karena pergeseran dari pertumbuhan intensif konstruksi yang dipicu oleh baja dan semen yang padat karbon, menurut Pusat Penelitian Energi dan Udara Bersih.

"Model pertumbuhan ekonomi China bergerak dari 'investasi+perumahan+ekspor' yang didorong oleh 'permintaan domestik+manufaktur+netralitas karbon,'" kata Zhu Min, mantan deputi gubernur People's Bank of China, dalam sebuah pidato pada November. "Ini adalah transformasi struktural jangka panjang."

Transisi ini tidak akan mudah

Pertumbuhan pesat dari "tiga industri baru" tidak akan mampu mengimbangi penurunan real estat dan penurunan produksi mobil bertenaga gas, menurut para ekonom Goldman Sachs Group Inc termasuk Maggie Wei. Hal ini akan mengakibatkan penurunan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,5 poin persentase per tahun dari tahun 2023-2027 dan merugikan lapangan kerja di perkotaan, tulis mereka dalam sebuah laporan baru-baru ini.

Itu berarti pertumbuhan manufaktur China harus berbasis luas. China membuat kemajuan di sektor-sektor seperti material canggih, robotika, dan bioteknologi. Xi menggunakan pidato tahunan tahun barunya bulan ini untuk menyoroti peluncuran kapal pesiar dan pesawat berbadan sempit buatan China yang pertama. Namun, masih belum jelas apakah China dapat membuat kemajuan pesat di semua bidang ini.

Kendala kedua pada pertumbuhan manufaktur adalah bahwa ketegangan perdagangan yang semakin dalam berarti China harus menjual lebih banyak output manufakturnya di dalam negeri. Beijing telah mengakui perlunya meningkatkan permintaan domestik, tetapi menempatkannya di urutan kedua di belakang pengembangan industri sebagai prioritas ekonomi untuk tahun ini. Pihak berwenang telah menolak langkah-langkah seperti pembagian uang tunai untuk secara langsung meningkatkan konsumsi dan sebagian besar menggunakan pendekatan di mana pasokan diharapkan dapat menciptakan permintaan, karena produktivitas yang lebih besar mengarah pada upah yang lebih tinggi.

Logika tersebut memiliki kendala, terutama karena manufaktur menjadi lebih otomatis. Keuntungan pendapatan dari produktivitas yang lebih tinggi sering kali didistribusikan di antara lebih sedikit pekerja dan pemegang saham kaya yang membelanjakan lebih sedikit dari pendapatan mereka.

Arthur Kroeber, kepala penelitian di konsultan ekonomi Gavekal Dragonomics, mengatakan bahwa visi Xi untuk China adalah sesuatu yang mirip dengan "Jerman Leninis," di mana laju ekspansi yang lebih lambat dengan stabilitas yang lebih besar dan fokus pada produksi lebih disukai daripada sistem gaya AS. Ia memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahunan RRT akan berada di antara 3% dan 4% selama sisa dekade ini jika investasi dan pengaturan kebijakan yang digerakkan oleh industri terus berlanjut.

"Elemen positif dari hal ini adalah bahwa akan ada beberapa kisah sukses teknologi. Itu bagus," katanya. "Masalahnya adalah, ada pertanyaan besar tentang seberapa besar dunia akan bertahan dengan surplus perdagangan Tiongkok yang terus meningkat. Dan Anda sudah mulai melihat beberapa reaksi proteksionis."

(bbn)

No more pages