Logo Bloomberg Technoz

Reli yang mencengkeram pasar obligasi selama dua bulan terakhir 2023, mengakhiri kerugian terburuk dalam beberapa dekade, mendorong US Treasury memperoleh keuntungan untuk tahun ini dan memperkuat keyakinan bahwa imbal hasil tidak akan menguji kembali level tertinggi sebelumnya. Meskipun investor menyadari bahwa imbal hasil mungkin akan naik lebih tinggi jika data yang masuk mengubah ekspektasi mengenai kemungkinan arah kebijakan The Fed, beberapa perusahaan investasi besar telah melihat penurunan yang terjadi baru-baru ini sebagai saat yang tepat untuk membeli.

Ahli strategi di TD Securities mengatakan kepada kliennya pada Jumat bahwa, meskipun obligasi masih bisa merosot lebih jauh dalam waktu dekat, mereka tetap yakin pasar tenaga kerja sedang melemah dan imbal hasil Treasury 10-tahun akan berakhir pada tahun 2024 sebesar 3%.

“Pasar obligasi belum siap menyerah pada penilaian optimis mereka terhadap penurunan suku bunga The Fed tahun ini. Narasi pembelian saat harga turun akan tetap ada, dan dibutuhkan lebih dari satu laporan ketenagakerjaan untuk mengubahnya,” kata Kevin Flanagan, kepala strategi pendapatan tetap di WisdomTree.

Tidak semua segmen pasar obligasi terlindung dari kerugian, dengan obligasi dua tahun yang sensitif terhadap kebijakan berpotensi berisiko mengalami penyesuaian harga jika para pedagang menarik kembali taruhan penurunan suku bunga lebih lanjut karena kekuatan perekonomian.

Pasar menghadapi ujian lebih lanjut pada minggu depan, dengan dirilisnya indeks harga konsumen bulan Desember dan lelang Treasury 10 tahun senilai US$37 miliar yang akan memberikan ukuran utama permintaan. Ada juga fokus pada penampilan publik minggu depan oleh Presiden Fed New York John Williams, yang merupakan salah satu pejabat yang baru-baru ini menolak ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga tajam di awal tahun ini.

Namun The Fed telah mempertahankan kebijakannya dengan stabil sejak bulan Juli dan risalah pertemuan bulan Desember yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan bahwa para pembuat kebijakan mengantisipasi bahwa mereka kemungkinan akan mulai melakukan pelonggaran pada tahun ini.

Namun, besarnya tingkat inflasi akan sangat bergantung pada apakah inflasi akan terus menurun. Ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan indeks harga konsumen akan menunjukkan kenaikan tahunan sebesar 3,2% di bulan Desember – naik dari 3,1% di bulan sebelumnya. Namun ukuran inti, yang dipandang sebagai ukuran tekanan yang lebih baik karena tidak memperhitungkan volatilitas harga pangan dan energi, diperkirakan akan melambat menjadi 3,8% dari 4%.

Meskipun angka tersebut masih di atas target The Fed sebesar 2%, namun lajunya telah menurun secara signifikan. Selain itu, indeks acuan yang dipilih bank sentral tersebut hanya naik 1,9% pada bulan November dalam basis tahunan enam bulan, yang merupakan pertama kalinya dalam lebih dari tiga tahun indeks tersebut tergelincir di bawah tingkat target The Fed.

“Seiring berjalannya tahun ini, tingkat pendapatan 10 tahun bisa berada di bawah 3,5% dan hal ini bergantung pada pergerakan inflasi yang lebih rendah dan pertumbuhan yang menjadi sedikit lebih lemah,” kata Gene Tannuzzo, kepala pendapatan tetap global di Columbia Threadneedle Investments.

“Tren penurunan inflasi dan pertumbuhan yang lebih rendah berarti The Fed mempunyai kerangka untuk melakukan pelonggaran dan hal itu kemungkinan besar akan terjadi pada paruh pertama tahun ini,” lanjut Gene Tannuzzo.

(bbn)

No more pages