Logo Bloomberg Technoz

Mendag Keluhkan Arab Pilih Beli Ikan dari Thailand untuk Haji

Dovana Hasiana
05 January 2024 07:30

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, Arab Saudi lebih memilih untuk membeli ikan dari Thailand dan sayuran dari Vietnam untuk konsumsi jemaah haji dibandingkan dari Indonesia.

Padahal, kata Zulhas, jumlah jemaah haji Indonesia mencapai 3 juta. Sehingga dana haji Indonesia justru secara tidak langsung mengalir ke Thailand dan Vietnam, bukan kembali ke Indonesia. 

“Walaupun kita dekat dengan Arab Saudi, (jemaah) haji banyak, umroh banyak, makan itu lauknya dari Thailand, ikan pindang dari Thailand, sayuran dari Vietnam. Dari kita gak ada, padahal kan jemaah haji kita 3 juta (jemaah). Uangnya kita yang untung Vietnam dan Thailand,” ujar Zulhas dalam dalam agenda Konferensi Pers Capaian Kinerja 2023 dan Outlook Perdagangan 2024, di Kantor Kemendag, Kamis (4/1/2024). 

Menurutnya, hal ini disebabkan karena Indonesia belum memiliki perjanjian dagang dengan Arab Saudi. Sehingga Indonesia bakal mendorong agar perjanjian dagang antar kedua negara terbentuk. 

Kendati demikian, Indonesia telah memiliki misi dagang dengan Arab Saudi pada 20-23 Januari 2023. Zulhas mengatakan, misi dagang itu menghasilkan kontrak kerjasama langsung senilai USD155,7 juta atau setara Rp2,3 triliun.