Logo Bloomberg Technoz

Kondisi Terkini Pemimpin Oposisi Korsel yang Ditikam di Leher

News
03 January 2024 11:00

Lee Jae-myung. (Sumber: Bloomberg)
Lee Jae-myung. (Sumber: Bloomberg)

Heesu Lee dan Shinhye Kang - Bloomberg News

Bloomberg, Pemimpin oposisi utama Korea Selatan (Korsel), Lee Jae-myung sedang dalam pemulihan setelah menjalani operasi pascapenikaman di leher oleh seorang penyerang saat berkunjung ke kota Busan.

Kang Taijung, pejabat dari kantor Lee, mengatakan via telepon bahwa pemimpin oposisi tersebut dirawat di ICU Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul setelah menjalani operasi selama sekitar 2 jam pada Selasa. Lee menjalani operasi rekonstruksi pembuluh darah dan pengangkatan gumpalan darah setelah kerusakan pada vena jugularis internal di lehernya dipastikan.

Serangan itu terjadi saat Lee berjalan melalui kerumunan wartawan setelah mengunjungi lokasi pembangunan bandara baru di Busan. Tersangka mendekati Lee meminta tanda tangan, lalu menusuk Lee dengan pisau berukuran 13 cm, kata seorang pejabat kepolisian dalam jumpa pers.

Pihak berwenang sedang menyelidiki tersangka setelah ditangkap di lokasi kejadian. Polisi menggambarkan tersangka sebagai pria kelahiran 1957 yang membeli pisau secara online.