Logo Bloomberg Technoz

Pengamat Ragu Jokowi Effect Bantu Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran

Pramesti Regita Cindy
02 January 2024 18:10

Capres Prabowo Subianto & Cawapres Gibran Rakabuming Raka bersama Mayor Teddy Indra Wijaya (tengah atas). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres Prabowo Subianto & Cawapres Gibran Rakabuming Raka bersama Mayor Teddy Indra Wijaya (tengah atas). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Peneliti Politik Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Lili Romli menilai Jokowi effect atau efek Jokowi pada Pemilu 2024 tak berdampak besar pada perolehan suara capres-cawapres. Hal ini terutama bagi pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang disebut mendapat endorse Jokowi.

Menurut dia, popularitas dan kepuasan terhadap kinerja Jokowi tak sebesar pada Pemilu 2014 dan 2019. Pasalnya, kata dia, jika efek Jokowi memang masih cukup tinggi maka elektabilitas Prabowo-Gibran sudah menembus 50%.

Akan tetapi, seluruh lembaga survei masih mencatat elektabiltasnya di bawah 50% hingga nyaris satu bulan sebelum pemungutan suara, 14 Februari 2024. 

"Terbukti dengan survei elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran. Jika ada Jokowi effect mestinya pasangan ini sudah melewati batas psikologi elektabilitasnya, tapi kenyataannya tidak," kata Lili Romli.

Padahal, Prabowo-Gibran dan tim pemenangannya terus berkampanye akan memenangkan Pemilu 2024 hanya dalam satu putaran. Berarti, pasangan nomor urut 02 ini memastikan bisa mengantongi 50% + 1 suara pada hari pemungutan suara.