Logo Bloomberg Technoz

Ada 2 Insiden Smelter Kurang dari Sepekan, Begini Arahan Menperin

Dovana Hasiana
29 December 2023 15:30

Aktivitas karyawan kembali berangsur normal pascakecelakaan kerja di pabrik ferrosilikon PT ITSS yang berada di kawasan IMIP. (Dok. PT IMIP)
Aktivitas karyawan kembali berangsur normal pascakecelakaan kerja di pabrik ferrosilikon PT ITSS yang berada di kawasan IMIP. (Dok. PT IMIP)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Perindustrian bakal melakukan pengawasan dan pengendalian (wasdal) terhadap industri termasuk smelter, yang dalam sepekan terakhir menjadi sorotan akibat dua kecelakaan kerja di wilayah Sulawesi Tengah.

Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita untuk menindaklanjuti 2 insiden smelter yang terjadi dalam waktu berdekatan, yakni smelter milik PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara yang terbakar kemarin, dan ledakan tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah, akhir pekan lalu.

“Atas arahan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bahwa Kemenperin harus melakukan pengawasan dan pengendalian [wasdal] terhadap industri termasuk smelter,” ujar Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Andi Rizaldi saat dihubungi, Jumat (29/12/2023).

Dengan demikian, kata Andi, Kemenperin telah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Polisi Daerah (Polda) dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menyelesaikan masalah di Morowali, Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, pengawasan dan pengendalian industri ini juga akan dilakukan secara terpadu dan berkala agar industri memiliki prosedur operasi standar atau standard operating procedure (SOP) yang dilaksanakan secara konsisten.