Logo Bloomberg Technoz

Cerita Perajin Difabel Tembus Pasar Nasional dengan Batik Unik

04 March 2023 23:10

Pengrajin kain batik, Widi Nugraha berpameran di Inacraft 2023.
Pengrajin kain batik, Widi Nugraha berpameran di Inacraft 2023.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menjalankan bisnis bukanlah hal yang mudah, terlebih bagi seseorang yang memiliki keterbatasan. Namun dengan kerja keras, Widi Nugraha seorang difabel berhasil membawa batik Ngawi nan unik ke kancah nasional.

Kain batik yang dijual Widi cukup unik dan jarang ditemui. Motifnya adalah berbentuk manusia purba yang laris  di Ngawi.  Dia terinspirasi dari keindahan alam dan sejarah, sehingga kain batik yang dihasilkannya dipenuhi dengan corak dedaunan dan gambar manusia purba. 

“Motif purba terinspirasi dari penemuan situs manusia purba di Trinil,” kata Widi yang menjadi salah satu peserta pameran Inacraft 2023 yang memiliki tema “From Smart Village to Global Market”.

Trinil adalah situs paleoantropologi di Indonesia yang sedikit lebih kecil dari situs Sangiran. Tempat ini terletak di Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi. Lokasinya kira-kira 13 km sebelum Kota Ngawi dari arah kota Solo. 

Bukan cuma punya ide kreatif, Widi juga prinsip hidup bahwa setiap orang harus mendapat kesempatan yang sama dan setiap orang mampu melompat tinggi menggapai cita-cita.