Logo Bloomberg Technoz

Ini Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual Bagi Kemajuan Bisnis UMKM

Rezha Hadyan
25 February 2023 08:18

Pedagang merangkai bunga yang dijual di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta, Selasa (14/2/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pedagang merangkai bunga yang dijual di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta, Selasa (14/2/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) saat ini rupanya masih belum menjadi sesuatu yang dianggap penting oleh banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Tanah Air.

Mereka masih beranggapan bahwa HKI hanya diperlukan untuk usaha berskala besar lantaran pengurusannya memakan waktu dan biaya tak sedikit.

Sekretaris Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Aufrida Herni Novieta menyebut HKI penting bagi kemajuan bisnis UMKM. Tidak hanya berlaku sebagai perlindungan hukum bagi penemu atau pencipta, baik kelompok maupun perorangan. 

"HKI merupakan alat optimalisasi bisnis UMKM, berupa legalitas, image building, dan aset usaha. Selain itu HAKI juga akan meningkatkan semangat kompetensi antar individu atau kelompok dalam hal komersial dan intelektual yang juga mendorong inovasi nasional," katanya dalam sebuah diskusi daring yang digelar pada Jumat (24/2/2023).

Oleh karena itu, HKI yang dimiliki oleh pelaku usaha di Tanah Air juga ikut menjadi pertimbangan pemerintah untuk menentukan strategi dan riset yang diperlukan untuk pengembangan industri nasional. Adapun, untuk mendorong pelaku UMKM memperoleh HKI, Kemenkop UKM sudah menyiapkan sejumlah strategi.