Logo Bloomberg Technoz

Bank Indonesia Dorong Skema MCF untuk Pembiayaan UMKM

Krizia Putri Kinanti
20 February 2023 08:45

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjioyo dalam acara Mandiri Investment Forum. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjioyo dalam acara Mandiri Investment Forum. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) perluas akses pembiayaan UMKM melalui skema rantai pasok guna mendorong pembiayaan yang inklusif dan seimbang.

Opsi skema multichannel financing (MCF), atau pembiayaan melalui rantai nilai usaha yang terhubung dengan korporasi/aggregator makin terbuka. Namun demikian, berbagai model pembiayaan melalui skema ini (supply chain financing, distributor financing dll), masih memerlukan sinergi dari berbagai pihak yang terlibat. Dibutuhkan sosialisasi yang lebih luas kepada UMKM sehingga dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan target porsi penyaluran kredit UMKM sebesar 30%.

Pada sambutannya, Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono menyampaikan bahwa agunan dan ketersediaan laporan keuangan, menjadi salah satu kendala utama bagi Bank untuk masuk ke pasar UMKM.

"Maka multichannel financing menjadi terobosan model bisnis pembiayaan yang dapat meringankan debitur karena terdapat jaminan dari mitra/anchor/principal sebagai pihak yang turut menjadi penyangga kredit antara lembaga pembiayaan dan UMKM," ujarnya melalui laman Bank Indonesia, Jumat (17/2/2023).

Karenanya, ia optimis penerapan model pembiayaan MCF akan turut mengakselerasi pencapaian Rasio Pembayaran Inklusif Makroprudensial (RPIM).