Logo Bloomberg Technoz

Pengiriman dari China ke Rusia juga melonjak karena Beijing memainkan peran yang penting dalam memasok Moskwa, tambah diplomat itu, meminta untuk tidak disebutkan namanya saat membahas informasi sensitif. Negara-negara di luar UE itu sendiri tidak memberikan sanksi kepada Rusia, tetapi sebagian besar telah berulang kali menyangkal bahwa mereka membantu Kremlin.

Uni Eropa telah memberikan sanksi kepada hampir 1.500 orang, membatasi ekspor ratusan barang dan teknologi, dan menargetkan banyak sumber pendapatan utama Moskwa. Tetapi beberapa pejabat khawatir blok tersebut masih kekurangan aparatur yang efektif untuk menegakkan langkah-langkah tersebut dan tertinggal dari AS.

Dengan sejarah sanksi kekuatan asing yang lebih lama, AS memiliki lembaga terpusat, prosedur yang lebih efisien untuk mengumpulkan informasi serta undang-undang yang ketat dan alat untuk menegakkan aturan di dalam dan luar negeri.

Di UE, penegakan adalah upaya tambal sulam yang sebagian besar jatuh ke negara anggota.

Sementara Komisi Eropa, badan eksekutif blok tersebut, memantau implementasi dan memberikan panduan, otoritas nasional bertanggung jawab untuk mengidentifikasi pelanggaran dan menjatuhkan hukuman. Dan itu berarti hasilnya tidak konsisten.

Pada akhirnya, ini tentang kemauan politik, kata seorang pejabat UE yang terlibat dalam proses tersebut, dan pejabat nasional dapat berada di bawah tekanan ketika harus mengambil tindakan keras terhadap perusahaan mereka sendiri.

“Sanksi kami sangat keras dan berkontribusi pada resesi ekonomi berkelanjutan di Rusia,” kata Wakil Presiden Komisi Valdis Dombrovskis di Bulgaria pekan lalu. “Tetapi keefektifannya juga bergantung pada seberapa baik penerapannya.”

Data kenaikan ekspor cip ke Rusia. (Sumber: Bloomberg)

Penjualan Semikonduktor Kazakhstan

Di permukaan, sanksi tampaknya efektif. Perekonomian Rusia telah mengalami kontraksi dan banyak bank serta perusahaannya tetap terputus dari sistem keuangan dan perdagangan internasional. Ada juga bukti bahwa pembatasan teknologi Eropa dan AS telah melemahkan industri utama Rusia dan menghambat kemampuan mereka untuk berinovasi di masa depan.

Tetapi informasi yang dikumpulkan oleh Monitor Data Perdagangan yang berbasis di Jenewa menunjukkan bahwa beberapa barang yang terkena sanksi – terutama semikonduktor canggih – dialihkan ke Rusia melalui negara ketiga, banyak di antaranya tiba-tiba mengubah kebiasaan perdagangan mereka setelah invasi Rusia.

Dalam beberapa kasus, ekspor teknologi ke Rusia yang dapat digunakan untuk keperluan militer di Ukraina telah berubah dari nol menjadi jutaan dolar.

Kazakhstan memberikan contoh kunci. Pada 2022, negara Asia Tengah itu mengekspor semikonduktor canggih senilai US$3,7 juta ke Rusia, naik dari hanya senilai US$12.000 pada tahun sebelum perang dimulai.

Rusia membeli cip canggih dan sirkuit terpadu senilai rata-rata US $163 juta dari UE, AS, Jepang, dan Inggris setiap tahun antara 2017 dan 2021. Pada 2022, angka itu merosot menjadi sekitar US$60 juta.

Data menunjukkan Turki, Serbia, UEA, dan setengah lusin ekonomi lain di Eropa Timur dan Asia Tengah membantu mengatasi kekurangan tersebut. Sementara itu, pengiriman komponen berteknologi tinggi ke negara-negara tersebut dari negara sekutu melonjak dengan jumlah yang sama.

Jenis pola yang sama terlihat di ratusan kategori produk, tetapi sangat akut ketika menyangkut cip canggih dan sirkuit terintegrasi yang dapat digunakan untuk tujuan militer, kata diplomat itu.

Dengan perang Rusia di Ukraina sekarang memasuki tahun kedua, UE dan sekutunya fokus untuk memperketat celah dan mencegah putaran sanksi berturut-turut yang telah mereka perkenalkan agar tidak dielakkan.

Ilustrasi Chip (Bloomberg)

Menghindari Sistem Pelacakan

Tetapi melacak pengiriman bukanlah proses yang mudah. Pembeli terkadang menggunakan kendaraan perusahaan dan model distribusi yang rumit untuk mengaburkan tujuan akhir barang mereka. Dokumen yang tidak lengkap dapat menambah opacity, serta apa yang disebut titik transshipment, di mana barang dipindahkan antarkendaraan atau dialihkan.

Pada Kamis, pemerintahan Biden merilis catatan kepatuhan yang bertujuan menindak perantara yang digunakan untuk menghindari sanksi dan kontrol ekspor terhadap Rusia. Pemberitahuan tersebut menyebutkan China, Armenia, Turki, dan Uzbekistan sebagai lokasi yang dapat digunakan untuk mengalihkan item terlarang ke Rusia secara ilegal.

G-7 minggu lalu mengumumkan mekanisme baru untuk memperkuat penegakan dan UE juga telah memperkenalkan beberapa alat dalam paket baru-baru ini untuk mengejar mereka yang membantu Rusia.

Tetapi negara-negara UE sejauh ini malu untuk menggunakan beberapa alat tersebut dan mengejar potensi pelanggaran di dalam negeri, setidaknya di depan umum. Diskusi tentang memperkuat rezim penegakan UE telah membuka perdebatan tentang di mana pembagian tanggung jawab antara Brussel dan ibu kota Eropa harus berada dalam hal tindakan kepolisian, kata pejabat dan diplomat.

Ilustrasi chip (Sumber: Bloomberg)

Tambalan Penegakan

“Tentu saja akan lebih nyaman bagi semua orang jika ada satu lembaga tingkat UE yang bertanggung jawab,” kata Toms Platacis, penjabat direktur Unit Intelijen Keuangan Latvia, dalam sebuah wawancara.

Latvia telah mengkriminalisasi pelanggaran sanksi, sementara negara-negara UE lainnya belum, sehingga pelanggar dapat “mencari negara lain di mana menghindari sanksi memiliki potensi hukuman yang lebih kecil,” katanya.

Dalam menerapkan putaran sanksi berturut-turut, negara-negara UE telah berhati-hati untuk membatasi dampaknya pada keuntungan mereka sendiri dan ekonomi global yang lebih luas. Hal itu terkadang menyebabkan diskusi yang berliku-liku antara negara-negara anggota mengenai pengecualian dan persyaratan pelaporan.

Dengan setiap putaran sanksi kami mengambil langkah maju dengan tindakan baru dan satu langkah mundur dengan pengecualian baru, kata seorang menteri senior Eropa. Beberapa negara anggota kurang antusias dalam penegakan hukum dan tidak berbuat cukup, tambah menteri itu.

“Penegakan sanksi ekspor bukanlah hal sepele,” kata Beata Javorcik, kepala ekonom di Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan. “Setiap pemerintah ingin semua negara lain untuk menegakkannya tetapi lebih memilih bersikap lunak terhadap perusahaannya sendiri. Pengalaman pembatasan ekspor selama Perang Dingin menunjukkan hal ini dengan jelas. Dengan demikian, menyerahkan penegakan sanksi kepada pemerintah nasional mungkin tidak selalu berjalan dengan sempurna.”

--Dengan asistensi dari Bryce Baschuk dan Aaron Eglitis.

(bbn)

No more pages