Logo Bloomberg Technoz

Berkelit dari Sanksi UE, Rusia Pacu Impor Cip untuk Sokong Perang

News
04 March 2023 16:19

Ilustrasi chip (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi chip (Sumber: Bloomberg)

Alberto Nardelli – Bloomberg News

Bloomberg, Rusia tampaknya berhasil mengatasi sanksi Uni Eropa (UE) dan G-7 dalam hal pengamanan semikonduktor penting dan teknologi lain untuk perangnya di Ukraina, menurut seorang diplomat senior Eropa.

Impor Rusia secara umum sebagian besar telah kembali ke tingkat sebelum perang 2020 dan analisis data perdagangan menunjukkan bahwa cip canggih dan sirkuit terintegrasi yang dibuat di UE dan negara sekutu lainnya dikirim ke Rusia melalui negara ketiga seperti Turki, Uni Emirat Arab dan Kazakhstan, kata diplomat itu, menunjuk ke penilaian pribadi itu.

Negara-negara UE dan G-7 telah memperkenalkan beberapa putaran sanksi sejak invasi Ukraina setahun yang lalu dalam upaya untuk menurunkan mesin perang Rusia dan melemahkan ekonominya. Data menunjukkan bahwa dampak nyata di beberapa daerah sejauh ini jauh dari harapan para pejabat.

“Menandatangani sanksi baru saja tidak cukup,” kata Daniel Tannebaum, pemimpin praktik kejahatan antikeuangan global di perusahaan konsultan Oliver Wyman. “Pemerintah sekarang membutuhkan mekanisme penegakan hukum.”