Logo Bloomberg Technoz

Bulog Klaim Pekerja yang Tidur di Beras Impor Kena Sanksi

Dovana Hasiana
26 December 2023 21:30

Bongkar muat beras bulog impor dari Vietnam di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (12/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Bongkar muat beras bulog impor dari Vietnam di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (12/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perum Bulog memastikan akan memberikan sanksi tegas terhadap buruh atau pekerja yang mempermainkan beras milik bulog. Hal ini merujuk pada video viral yang berisi sejumlah pekerja tengah mengurus proses pengarungan kembali beras bulog.

Dalam video tersebut, seorang pekerja yang tak mengenakan baju nampak merebahkan diri dalam kondisi berkeringat ke tumpukan beras. Beberapa pekerja lain bahkan justru menimbun tubuh pekerja yang tengah tiduran tersebut dengan beras-beras baru.

"Sudah kami telusuri dan akan diambil tindakan tegas terkait ulah oknum buruh di Gudang Banjar Kemantren Surabaya Utara tersebut," kata Manajer Humas & Kelembagaan Perum Bulog Tomi Wijaya melalui siaran pers, Selasa (26/12/2023).

Menurut dia, Perum Bulog langsung melakukan penyelidikan dan penelusuran terhadap video viral di media sosial tersebut. Mereka pun membenarkan video tersebut menampilkan kegiatan di salah satu gudang milik Bulog yaitu Gudang Bulog Banjar Kemantren 2 Surabaya Utara.

Peristiwa tersebut terjadi pada saat proses pengarungan kembali beras sobek, pada Selasa (19/12/2023). Menurut dia, beberapa kantong kerap rusak dan membuat beras berhamburan tiap proses handling beras impor dari kapal sampai ke gudang. Beras-beras tersebut seharusnya dibawa para pekerja untuk pengolahan kembali dengan menggunakan mesin Rice to Rice (RtR) milik Bulog.