Logo Bloomberg Technoz

Laporan tersebut menyusul keputusan sebelumnya oleh saingan terbesar Samsung, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), yang menunda produksi di pabrik barunya di Arizona hingga 2025 karena kekurangan pekerja konstruksi berpengalaman dan teknisi instalasi mesin.

Penundaan apa pun di pabrik-pabrik AS yang dioperasikan oleh dua pembuat cip kontrak terkemuka di dunia akan menjadi kemunduran terhadap rencana besar Presiden AS Joe Biden untuk meningkatkan produksi cip di wilayah Amerika guna menghindari gangguan pasokan pada masa depan, seperti kekurangan pasokan pada 2021 yang merugikan pendapatan perusahaan sebesar ratusan miliar.

Revisi terhadap rencana TSMC dan Samsung berarti pabrik baru mereka, yang bernilai puluhan miliar dolar, mungkin baru bisa beroperasi setelah pemilihan presiden AS tahun depan.

Masalah izin lingkungan di AS dan lambatnya pemerintahan Biden dalam memberikan dukungan keuangan telah mengganggu proyek cip dalam negeri.

Lebih dari setahun setelah Biden menandatangani Undang-Undang Chips menjadi undang-undang, yang menjanjikan US$100 miliar untuk mendukung pabrik semikonduktor baru di AS, pemerintahannya hanya memberikan satu hibah sebesar US$35 juta kepada anak perusahaan Amerika dari perusahaan kedirgantaraan Inggris BAE Systems Plc.

(bbn)

No more pages