Logo Bloomberg Technoz

3 Isu Wajib Pantau di Pasar Tembaga 2024

Sultan Ibnu Affan
21 December 2023 10:20

Tembaga./dok. Bloomberg
Tembaga./dok. Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kalangan pengusaha smelter memperingatkan tiga hal yang harus diperhatikan pemerintah dan para investor di pasar mineral logam pada 2024, khususnya menyangkut komoditas tembaga.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Pengolahan dan Pemurnian Mineral Indonesia (AP3I) Haykal Hubais menyebut isu pertama adalah persoalan tren harga global tembaga.

“Ini menjadi perhatian investor karena pasar komoditas ini seringkali dipengaruhi oleh dinamika ekonomi internasional,” ujarnya, Kamis (21/12/2023).

Harga tembaga diproyeksikan bergerak di rentang US$8.400—US$9.000-an per ton hingga kuartal I-2024. Pekan lalu, tembaga turun 1,9% menjadi US$8.448/ton di London Metal Exchange (LME), setelah penutupan pada level tertinggi dalam hampir empat bulan.

Dalam sepekan terakhir, harga tembaga turun 0,75% secara point to point (ptp). Namun, selama sebulan ke belakang, harga naik 3,09%. 

Pemerintah juga harus berhati-hati dalam melakukan perubahan regulasi dan kebijakan terkait dengan industri pertambangan [hulu] dan lingkungan yang dapat berdampak pada harga, suplai, dan permintaan komoditas [tembaga].

Sekjen Asosiasi Industri Pengolahan dan Pemurnian Mineral Indonesia (AP3I) Haykal Hubais